Gempa Bumi di Wajo

Gempa Bumi Wajo 4,2 SR Setelah Gempa Bulukumba dan Gempa Sinjai, Ini Kerusakan yang Tejadi

Gempa Bumi 4,2 SR Guncang Wajo Setelah Gempa Bulukumbadan Sinjai, Ini Kerusakan yang Tejadi

Editor: Royan Naimi
tribun timur
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gempa Bumi 4,2 SR Guncang Wajo Setelah Gempa Bulukumbadan Sinjai, Ini Kerusakan yang Tejadi.

Usai gempa dan Tsunami mengguncang Palu-Donggala Sulteng beberapa waktu lalu, masyarakat Sulsel juga mulai ketakutan.

Pasalnya dampak patahan yang mengakibatkan gempa di Sulteng kini menyebabkan gempa di beberapa kabupaten/kota di Sulsel.

Baca: Syarat Baru Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Dirilis Kemenpan RB, 2.117.182 Pelamar Terdaftar

Seperti kali ini, gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,2 SR mengguncang wilayah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (09/10/2018). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, gempa terjadi pukul 09:03:55 Wita dengan episenter 3.82 LS- 120.23 BT sekitar 23 km Tenggara Sidrap, Sulsel.

Baca: Jadwal Liga Champion Matchday 3 - Manchester United vs Juventus, Barcelona vs Inter Milan Live RCTI

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Wajo - Sulawesi Selatan.

Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan dirasakan di wilayah Palopo, Siwa dan Sengkang dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II – III MMI).

"Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut," kata Plt BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman dalam rilisnya.

Baca: Bela Agama & Negara! Alasan Khabib Nurmagomedov Bikin Ricuh Kalahkan Conor McGregor, UFC 229

Joharman menyebut dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II - III MMI di Palopo, Siwa dan Sengkang.

Serta daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Gempa di Sulsel

Setelah sebelumnya Gempa mengguncang Sinjai, Sulsel, dua hari lalu juga terjadi gempa bumi bermagnitudo 4,8 SR mengguncang Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Ahad atau Minggu (7/10/2018).

Informasi yang dilansir Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika Wilayah IV Makassar melalui akunnya pada Twitter @BMKGSulsel, gempa bumi terjadi pada pukul 14:40:32 Wita.

Pusat lokasi gempa berada pada titik koordinat 5.70 LS - 120.67 BT, 59 km tenggara Bulukumba, di kedalaman 10 km.

Baca: Salah Bisa Fatal! Cek Hal Ini Saat Mendaftar CPNS di Link sscn.bkn.go.id, Pendaftaran CPNS 2018

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul INFO TERBARU Usai Bulukumba dan Sinjai, Gempa Bumi 4,2 SR Guncang Wajo, Ini Detailnya http://makassar.tribunnews.com/2018/10/09/info-terbaru-usai-bulukumba-dan-sinjai-gempa-bumi-42-sr-guncang-wajo-ini-detailnya?page=all

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Terkait :#Gempa Bumi di Wajo
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved