Bertakwa

Jalankan Program Germas untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM)

Pemkab HSU semakin serius dalam program mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Jalankan Program Germas untuk mencegah Penyakit Tidak  Menular (PTM)
HO/Humas Pemkab HSU
Bupati HSU Abdul Wahid 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Daerah HSU semakin serius dalam program mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digelar oleh Dinas Kesehatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pencanangan Germas yang diikuti antusias oleh puluhan kader Posbindu di lingkungan Kabupaten HSU.

Bertema " Mari kita cegah penyakit tidak menular (PTM) dengan Germas" acara yang dihelat di lapangan Sungai Malang. Kali ini disamping dihadiri oleh puluhan kader Posbindu HSU tampak hadir pula Bupati HSU H. Abdul Wahid HK, bersama Ketua Tim Penggerak PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, serta pimpinan pejabat lainnya dilingkungan Pemkab HSU.

istri Bupati Abdul Wahid
Ketua Tim Penggerak PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid (HO/Humas Pemkab HSU)

Kepala Dinas Kesehatan HSU dr.H. Agus Fidliansyah saat memberikan sambutan mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan gerakan massa Germas yang sepenuhnya didukung oleh dinas kesehatan provinsi Kalsel, oleh karenanya diharapkan bulan depan pada peringatan hari kesehatan nasional (HKN) dapat lebih banyak lagi yang mengikuti kegiatan ini.

Menurut Agus, pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan upaya bersama komponen seluruh bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan menuju hidup sehat bagi setiap orang agar tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Dan kita tahu bahwa kesehatan yang baik adalah model bekerja lebih produktif lagi.

"Jadi peranan kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari." Ujar Agus.

Ia menambahkan sehat merupakan pilar dari program indonesia sehat yang merupakan program pemerintah pusat, dan provinsi serta kabupaten untuk mendukung salah satu agenda prioritas nawacita presiden, yaitu agenda meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia.

"Transisi penyakit saat ini mengalami perubahan, penyakit tidak menular justru lebih tinggi daripada penyakit yang menular, seperti contoh penyakit jantung diabetes dan hipertensi, oleh karenanya melalui kegiatan Germas dan Posbindu diharapkan hal-hal tersebut dapat dicegah." Ujar Kadinkes HSU.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Nurul Ahdani, Mengajak kepada kader-kader Posbindu agar dapat selalu meningkatkan derajat kesehatannya melalui Posbindu.

Bupati HSU Abdul Wahid saat mengikuti senam Germas
Bupati HSU Abdul Wahid saat mengikuti senam massalGermas (HO/Humas Pemkab HSU)

Nurul mengaku, kegiatan ini merupakan tujuan gerakan masyarakat hidup sehat Germas yang mana didalamnya bersama-sama melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit, ditambah dengan mengkonsumsi buah, sayuran, menghindari rokok, alkohol serta cek kesehatan secara rutin, dan bersih bersih lingkungan.

"Enam upaya kesehatan Germas tersebut seperti yang diamanatkan dalam Impres nomor 1 tahun 2017, yang ditindaklanjuti oleh peraturan gubernur nomor 0123 tahun 2017 ditambah dengan Perda Bupati HSU Nomor 55 tahun 2018 tentang Germas, sehingga hal tersebut sangat diapresiasi sebagai sebuah dukungan kepada kami." Ungkap Nurul.

Dirinya berharap, melalui Pergub tersebut seluruh sektor yang sebelumnya telah berkomitmen untuk implementasi Germas, membuat edaran-edaran dibawahnya mengenai implementasi Germas tersebut minimal contoh setiap kegiatan diperintahan, Snack tidak lagi sepenuhnya menghadirkan karbohidrat, akan tetapi hendaknya dipadukan dengan unsur buah-buahan di dalamnya.

Senam Germas di HSU
Senam massal Germas di HSU (HO/Humas Pemkab HSU)

Selain itu ia juga berpesan kepada seluruh kader-kader Posbindu yang terdiri dari petugas-petugas kesehatan di kecamatan dan desa diKabupaten HSU dapat terus meningkat, melalui bersenergi, kerjasama, pembinaan, edukasi dengan kader-kader lainnya.

Dalam kegiatan Germas kali ini disamping kegiatan senam bersama juga diisi dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian penghargaan kepada petugas pengelola aplikasi program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (P2PTM) berbasis web yang diserahkan langsung oleh Bupati dan Perwakilan Dinkes Provinsi Kalsel. Juga dimeriahkan dengan penampilan Flashmob tim kreatif Dinkes HSU serta kesenian Madihin. (*/AOL)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved