Saraba Kawa

Bupati Tabalong Targetkan 100 Kelompok Usaha Bersama dalam Setiap Tahun

Bahkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani merencanakan mulai tahun depan akan ada dibentuk 100 Kube dalam setiap tahunnya.

Bupati Tabalong Targetkan 100 Kelompok Usaha Bersama dalam Setiap Tahun
HO/Diskominfo Tabalong
Bupati menyerahkan bantuan Kube Program Keluarga Harapan dan Bantuan rehabilitasi sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta Sarana Lingkungan (Sarling) Tahun 2018 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Program Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang dinilai mampu meningkatkan geliat perekonomian akan berusaha dikembangkan secara maksimal oleh Pemkab Tabalong.

Bahkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani merencanakan mulai tahun depan akan ada dibentuk 100 Kube dalam setiap tahunnya.

Pernyataan ini disampaikan saat bupati membuka kegiatan Sosialisasi Bantuan Kube Program Keluarga Harapan dan Bantuan rehabilitasi sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta Sarana Lingkungan (Sarling) Tahun 2018 yang di selenggarakan Dinas Sosial Kabupaten Tabalong ,Senin (15/10/2018) di Pendopo Bersinar.

"Tahun 2019 insya Allah kita akan memprogramkan 100 Kube setiap tahun," katanya.

Kube yang dikembangkan nantinya dengan jenis usaha sudah disiapkan dan dipastikan yakni budidaya ikan di bioflog dan beternak kambing yang pejantannya kambing dari Australia dan akan dikawinkan dengan kambing lokal

Sosialisasi Bantuan Program Keluarga Harapan dan Bantuann rehabilitasi sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta Sarana Lingkungan (Sarling) Tahun 2018
Sosialisasi Bantuan Program Keluarga Harapan dan Bantuann rehabilitasi sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta Sarana Lingkungan (Sarling) Tahun 2018 (HO/Diskominfo Tabalong)

Menurut bupati Ini merupakan bagian ikhtiar besar untuk lima tahun kedepan guna memberikan perhatian yang lebih besar kepada masyarakat non tambang.

”Mudah mudahan melalui kegiatan Kube ini ekonomi Tabalong makin menggeliat, karena dulu orang berpikir tahun 2016 dan 2017 Tabalong menjadi kota hantu, kota yang sunyi sepi ternyata itu salah makin hari makin ramai,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Yuhani, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman pada KPM terkait penggunaan dan pemanfaatan dana bantuan agar dapat berjalan dengan apa yang telah direncanakan sehingga mampu menjalan peran dan tugasnya dan fungsinya.

Selain itu tujuan lainnya dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman strategi perencanaan pelaksanaan pertanggungjawaban sehingga program ini bisa berjalan dengan baik dan meningkatkan pendapatan dan penghasilan KPM sehingga bisa cepat keluar dari kemiskinan.

“Alhamdulilah ini tahun ketiga dalam memberikan bantuan dan ini yang paling banyak," katanya.

Adapun kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 15 -16 Oktober 2018 di dua lokasi yaitu Pendopo Bersinar dan Wisma Tamu Bersinar.

Adapun jumlah peserta sebanyak 350 orang yang dibagi menjadi dua untuk kelompok Kube sebanyak 200 orang dan kelompok RTLH 100 orang, sisanya pendamping 50 orang. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved