Berita Banjarmasin

21 Sampel Diambil dari Pasar Modern, Begini Bahayanya Kalau Makanan Tercemar

Dijelaskannya, pemeriksaan memerlukan waktu hingga dua pekan. Apalagi, pemeriksaan cemaran mikroba bisa mencapai dua pekan.

21 Sampel Diambil dari Pasar Modern, Begini Bahayanya Kalau Makanan Tercemar
Eka Pertiwi
Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjarmasin saat mengambil sampel makanan di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Pengambil Sampel Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, Komar, mengambil 21 sampel jenis pangan hewan dari tiga pasar modern di Kota Banjarmasin.

Dijelaskannya, pemeriksaan memerlukan waktu hingga dua pekan. Apalagi, pemeriksaan cemaran mikroba bisa mencapai dua pekan.

Sedangkan cemaran kimia dan residu obat hanya satu pekan saja.

Baca: Tiga Supermarket di Banjarmasin Diperiksa, 21 Sampel Produk Hewan Diambil, Ini Tujuannya

Untuk cemaran microba meliputi e-coli hingga pemeriksaan bakteri salmonela dan campylobacter.

Jika tercemar bahan pangan hewan ini dapat menyebabkan diare.

Baca: Jadwal Tahapan Selanjutnya Pendaftaran CPNS 2018 via Sscn.bkn.go.id, Ada Sejumlah Tes

“Tugas saya di Banjarmasin hanya mengambil sampel. Apakah nanti yang memeriksa sampel ini saya atau tidak, masih belum tahu. Tapi bisa juga saya yang akan melakukan pemeriksaan di sana,” jelasnya.

Medik Vetiriner Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Anang Wijatmiko menjelaskan, pemeriksaan tersebut sebagai bentuk pengawasan di bidang kesehatan masyarakat vetiriner (Kesmavet) tentang bahan pangan asal hewan yang utamanya berasal dari daging ayam.

Baca: Istri Remuk Dilindas Truk Tangki Kelapa Sawit, Suami dan Anak Selamat Ditemukan di Kolong Truk

“Pemeriksaannya agar mengatahui daging tersebut layak konsumsi atau tidak,” jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved