Berita Kalteng

Isu Pemindahan Ibu Kota RI Mencuat Mendekati Pillres 2019 dan Pileg, Ini Kata Pemerhati Sosial

Jelang Pemilu 2019 yang akan digelar tahun 2018 mendatang, kembali muncul isu pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI ke Palangkaraya, Kalteng.

Isu Pemindahan Ibu Kota RI Mencuat Mendekati Pillres 2019 dan Pileg, Ini Kata Pemerhati Sosial
Tribun Kalteng/Fathurahman
Salah satu sudut Kota Palangkaraya Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Jelang Pesta Demokrasi berupa Pemilu Legislatif (PIleg) dan Pemilu Presiden (PIlpres 2019) yang akan digelar tahun 2018 mendatang, kembali muncul isu pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI ke Palangkaraya, Kalteng.

Isu tersebut, semakin kencang muncul malah pada saat mendekati pelaksanaan dua pemilu di Indonesia, yang dalam waktu beberapa bulan lagi akan digelar di Indonesia, sehingga meminculkan imej kemunculan isu tersebut, bernuansa politis jelang pemilu.

Salah saorang pemerhati sosial politik di Kalteng, M Gumarang, menilai, kemunculan wacana pemindahan Ibu Kota RI ke Kalteng bisa saja ingin dijadikan sebagai komuditas politik jelang pemilu, meski wacana itu sudah lama bergulir tapi sampai saat ini belum ada payung hukum yang jelas untuk merealisasikannya.

"Jangan sampai wacana pemindahan ibu kota tersebut hanya jadi komoditas politik jelang Pemilu saja, untuk mendulang simpatik warga Kalimantan Tengah untuk kepentingan pemilu sedangkan hingga saat ini belum ada payung hukum yang jelas dalam pelaksanaannya dan perkembangannya," ujarnya, Senin (22/10/2018).

Baca: Kumpulan Pantun dan Ucapan Hari Santri Nasional 2018 Cocok untuk Facebook, Twitter dan WhatsApp

Baca: Klik Link 50 Instansi yang Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id

Baca: 34 Link Instansi Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS 2018 Selain Sscn.bkn.go.id

Gumarang yang telah lama mengamati wacana tersebut dimanfaatkan jadi komoditas politik semata mengharapkan pihak pemerintah bisa membuka apa langkah kongkrit yang telah dilakukan agar wacana tersebut tidak sekadar dijadikan komuditas untuk pencitraan jelang pemilu.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri, mengatakan, pihaknya telah intens melakukan koordinasi dengan pusat terkait rencana pemindahan Ibu Kota RI dari Jakarta ke Kalteng, bahkan pihaknya sudah beberapa kali rapat di Bappenas membahas hal tersebut.

"Kami intens saja membahas rencana pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI di Bappenas, bahkan kami sudah siapkan lahan seluas 350 ribu ha, di tiga daerah yakni Katingan, Palangkaraya dan Gunungmas, untuk mendukungnya, lokasi itu juga terdapat tiga aliran sungai yang mendukungnya" ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved