Berita Banjarmasin

Perlu Adanya Jaringan Telekomunikasi KPU/OSO Untuk Tingkatkan Persaingan Bangsa

KPU/USO bagian dari kewajiban Pemerintah dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada publik.

Perlu Adanya Jaringan Telekomunikasi KPU/OSO Untuk Tingkatkan Persaingan Bangsa
Banjarmasinpost.co.id/airul syahrif
Para mahasiswa ikuti seminar nasional Kolaborasi Pemerintah Daerah, Penyedia Swasta, dan Akademisi dengan tema Mengawal Pelayanan dan Manfaat KPU/USO di Daerah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP ULM gelar Seminar Nasional Kolaborasi Pemerintah Daerah, Penyedia Swasta, dan Akademisi dengan tema Mengawal Pelayanan dan Manfaat KPU/USO di Daerah, di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Senin (22/10/2018) pagi.

Kewajiban Pelayanan Universal (KPU)/Universal Service Obligation (USO) merupakan bagian dari kewajiban Pemerintah dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada publik.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP ULM, Erma Ariyani, SSos, MSc menjelaskan bahwa dengan adanya KPU/USO ini nantinya diharapkan dapat menyediakan jasa telekomunikasi pada daerah-daerah yang terpencil. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

"KPU/USO ini merupakan jaringan telekomunikasi. Sasarannya itu pada daerah terdepan, terluar, dan terpencil. Nanti diharapkan daerah-daerah tersebut dapat berkembang terutama dalam perekonomiannya," tuturnya pada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Klik Link 50 Instansi yang Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id

"Kegiatan ini menindaklanjuti Kebijakan Pelayanan Universal (KPU) dari pemerintah, dengan berkolaborasi dengan pihak penyedia swasta para operator untuk mengurangi kesenjangan digital pada wilayah terdepan, terluar, dan terpencil," tuturnya.

"Kebijakan tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan persaingan bangsa. Nantinya kami akan menyamakan persepsi terlebih dahulu. Dan semoga nanti kami dapat berkolaborasi dalam bentuk riset, inovasi, dan pengembangan terkait sektor telekomuniasi," terangnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM, Prof Dr H Asmu'i, M.Si, mengatakn bahwa pemerintah dan penyedia swasta diharapkan mampu bekerja sama dengan baik dalam memberikan pelayanan telekomunikasi.

(Banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved