Breaking News:

Berita Internasional

Satu dari 15 Pelaku Pembunuh Terekam Menyamar Jadi Jamal Khashoggi di Hari Kejadian

Satu dari 15 pelaku menyamar sebagai jurnalis Arab Saudi keluar lewat pintu belakang, di momen dia dibunuh 2 Oktober lalu.

Editor: Elpianur Achmad
via CNN/KOMPAS.com
Potongan rekaman kamera pengawas memperlihatkan Jamal Khashoggi (kiri) ketika memasuki gedung konsulat di Istanbul, Turki. Sedangkan foto kanan adalah pelaku yang mengenakan pakaian sama dengan Khashoggi beberapa jam setelah jurnalis 60 tahun itu memasuki gedung.(via CNN) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, ISTANBUL - Bukti pembunuhan berencana jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi semakin jelas. Berdasarkan rekaman rekaman, salah satu dari 15 pelaku menyamar sebagai jurnalis Arab Saudi keluar lewat pintu belakang, di momen dia dibunuh 2 Oktober lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (22/10/2018), dalam laporannya Senin (22/10/2018), CNN mendapat potongan rekaman yang menunjukkan seorang pria keluar dari pintu belakang gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Pria itu memakai setelan Khashoggi, mengenakan jenggot palsu serta kacamata, dan terlihat di Masjid Biru beberapa jam setelah Khashoggi mendatangi gedung.

Baca juga: Ini Beda Kanada dengan AS dalam Menanggapi Saudi soal Kematian Khashoggi

Pria dalam rekaman itu diidentifikasi bernama Mustafa al-Madani. Sumber penyelidik Turki berkata dia merupakan bagian dari 15 orang yang dikirim ke Istanbul.

Baca: Klasemen Grup B Piala AFC U-19 2018 : Jepang Juara Grup, Berpeluang Hadapi Timnas U-19 Indonesia?

Sumber itu menuturkan, Madani yang mempunyai perawakan sama dengan Khashoggi berperan mengelabui awak media dan menutupi kematian Khashoggi.

"Penilaian kami tidak berubah sejak 6 Oktober lalu. Ini adalah pembunuhan berencana dan jenazahnya dibawa keluar dari konsulat," terang sumber tersebut.

Rekaman memperlihatkan Madani masuk bersama pelaku lain, seorang ahli forensik Saudi Salah al-Tubaigi. Saat itu, Madani tak berjenggot.

Selain itu dia memakai kemeja kotak biru-putih dan celana biru gelap, sebelum keluar dengan mengenakan pakaian Khashoggi.

"Kemungkinan pakaian Khashoggi masih hangat ketika dipakai oleh Madani," demikian penjelasan penyelidik Turki anonim tersebut.

Baca: Akhirnya Arab Saudi Akui Jamal Khashoggi Tewas di Gedung Konsulat, Putra Mahkota Perintahkan Ini

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved