Berita Tanahlaut

Dilanda Kemarau dan Diserang Hama Tungro, Tanahlaut Tak Alami Krisis Beras, Ini Rahasianya!

Ketua Gapoktan Jakasuma, Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, menduga penurunan produksi pertanian padi

Dilanda Kemarau dan Diserang Hama Tungro, Tanahlaut Tak Alami Krisis Beras, Ini Rahasianya!
Istimewa
Gerakan percepatan tanam di Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Produksi beras petani di Kabupaten Tanahlaut secara umum tahun ini terjadi penurunan.

Mahyudi, Ketua Gapoktan Jakasuma, Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, menduga penurunan produksi pertanian padi itu akibat kekeringan.

Selain itu, Mahyudi juga menduga penurunan produksi pertanian itu juga akibat serangan hama tungro.

Kekeringan dan serangan hama tungkro ini yang melanda sebagian besar pertanian di Kecamatan Kurau, Bumimakmur dan Kecamatan lainnya.

Mahyudi mengaku pola tanam petani padi di Kabupaten Tanahlaut, terbiasa melihat cuaca atau musim hujan untuk memulai masa menanam padi.

Baca: SESAAT LAGI! Live Streaming RCTI Timnas U-19 Indonesia vs Jepang Perempat FInal Piala AFC U-19 2018

"Kemudian petani di Tanahlaut ini umumnya menanam padi lokal yang hanya satu kali panen. Hanya sebagian kecil yang menanam padi unggul hingga dua kali panen setahun," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Meski demikian, Mahyudi yakin tidak terjadi kekosongan stok beras di Kabupaten Tanahlaut, karena petani padi lokal sudah menyisakan hasil panen mereka.

Baca: Live Streaming Timnas U-19 Indonesia vs Jepang via Live Streaming RCTI Piala AFC U-19 2018

menurut Mahyudi, saat ini kelompok taninya sedang persiapan melakukan penanaman padi unggul agar pada awal Januari 2019 dapat dipanen.

Sidik, petani di Kelurahan Pabahanan, mengatakan selama ini pola tanam padi lokal yang banyak dilakukan pada awal tahun. kemudian bulan kelima panen padi dilanjutkan tanam palawija hingga dua kalo panennya.

Menurut Sidik, menanam padi lokal saat awal tahun itu dalam upaya mensiasati saat padi bunting, hama tikus tidak ada lagi berada di hamparan persawahan padi.

Baca: Live Beinsport 1! Cara Nonton Live Streaming Crystal Palace vs Arsenal Liga Inggris Pekan 10 di HP

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved