Pesawat Lion Air Hilang Kontak

Sinyal Black Box Pesawat Lion Air JT-610 yang Jatuh di Tanjung Karawang Terdeteksi KR Baruna Jaya I

Sinyal Black Box Pesawat Lion Air JT-610 yang Jatuh di Tanjung Karawang Terdeteksi KR Baruna Jaya I

Sinyal Black Box Pesawat Lion Air JT-610 yang Jatuh di Tanjung Karawang Terdeteksi KR Baruna Jaya I
(Kompas.com)
Proses evakuasi Lion Air JT 610 di Perairan Karawang Jawa Barat, KNKT Bantah Pesawat Lion Air JT 610 Meledak Sebelum Jatuh 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh terus jadi incaran.

Kapal Riset Baruna Jaya I BPPT bersama Tim Search and Rescue (SAR) gabungan terus berupaya melakukan pencarian kotak hitam atau black box dan bangkai pesawat Lion Air JT610, yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Disampaikan oleh Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza mengatakan terus berkoordinasi dengan Basarnas dan KNKT, terkait wilayah atau area pencarian jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

“Kapal Riset Baruna Jaya I kami siagakan 24 jam setiap harinya. Dengan teknologi yang ada di kapal, kami akan berupaya seoptimal mungkin untuk segera menemukan kotak hitam dan bangkai kapal,” ungkapnya melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Baca: Jadwal Live RCTI: Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Mulai 9 November 2018 Indonesia vs Singapura

Baca: Akun Ini Ungkap Mengapa Banyak Pegawai Kemenkeu di Pesawat Lion Air JT-610 yang Jatuh, Bikin Haru

Baca: Cerita Keluarga Korban Pesawat Lion Air JT-610 yang Jatuh, Minta Kasur Baru Hingga Akui Lelah

Baca: Joki Tes SKD CPNS 2018 Ditangkap Polda Sulsel, Libatkan Dokter PNS Pelindo IV Bayaran Selangit

Baca: Kronologi Tuti Tursilawati TKI Majalengka Dieskekusi Mati Pemerintah Arab Saudi Tanpa Pemberitahuan

Lebih lanjut diuraikan Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Teksurla) BPPT, M. Ilyas yang turut dalam Operasi SAR Lion Air T610 - Tanjung Karawang, saat ini pihaknya bersama KNKT telah menurunkan alat ping locator untuk menyusuri keberadaan black box Lion Air JT610.

“Sejak pagi ini kami telah menurunkan alat ping locator untuk melacak sinyal dari black box. Semoga dengan usaha kami dan doa seluruh masyarakat, kami bersama KNKT dan Basarnas dapat segera menemukan black box tersebut,“ tuturnya dari atas Kapal Baruna Jaya I yang masih beroperasi di perairan Karawang, Rabu (31/10/2018).

Ilyas juga menyebut tim Baruna Jaya juga telah menurunkan peralatan USBL Transponder sejak dinihari tadi. Alat pengendus sinyal blackbox itu imbuhnya dicelupkan ke laut, sebagai upaya tambahan untuk mengoptimalkan pencarian.

“USBL Transponder kerjanya mirip-mirip dengan Ping Locator. Kami ya akan memaksimalkan seluruh potensi teknologi yang ada di kapal Baruna Jaya I BPPT ini, untuk melacak sinyal black box,” terangnya.

Siang inipun akhirnya Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menemukan sinyal black box.

"Insha Allah kami temukan indikasi sinyal black box berdasarkan ping locator," katanya.

Halaman
12
Editor: Restudia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved