Berita Kotabaru

Di Kotabaru, Ratusan Juta Uang Iuran Pensiun Karyawan PDAM 'Dikorbankan'

Ironis, pemasangan pipa koneksi rencana hari ini akan diuji coba, sebagai langkah penanganan jangka pendek krisis air

Di Kotabaru, Ratusan Juta Uang Iuran Pensiun Karyawan PDAM 'Dikorbankan'
BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah
Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah melakukan pengecekan IPA Gunung Ulin dalam masa perbaikan. Selama perbaikan distribusi air tiga bulan kedepan akan terganggu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, di tengah kemelut krisis air bersih terjadi saat ini. Satu-satunya cara dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kotabaru memasang pipa koneksi ke instalasi pengolahan air (IPA) gunung Tirawan agar pelanggan di wilayah kota tetap terlayani.

Ironis, pemasangan pipa koneksi rencana hari ini akan diuji coba, sebagai langkah penanganan jangka pendek krisis air. Pekerjaan pemasangan pipanisasi mengorbankan ratusan juta uang iuran pensiun karyawan instansi perusahaan daerah tersebut.

Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Senin (5/11/2018) tidak menepis pekerjaan pipa koneksi jaringan dari embung Tirawan ke perpipaab pelanggan perkotaan menggunakan dana iuran pensiun karyawan sekitar Rp 300 juta.

Baca: Kejanggalan Sebelum Pretty Asmara Meninggal Dunia Diungkap Kuasa Hukum: Ada Orang Mondar Mandir

Menurut Ipansyah, pekerjaan hampir selesai dan siap diuji coba. "Hari ini (kemarin) uji coba sekalian di distribusikan," jelas Ipansyah.

Dengan alasan, spekulasi penggunaan uang iuran pensiun karyawan untuk pekerjaan pemasangan pipa koneksi jaringan, sesuai kemampuan dan tupoksi.

"Apa yang bisa kita kerjakan, kita lakukan sesuai kemampuan dan tupoksi yang ada," ujarnya.

"Sedikit pengorbanan waktu tenaga sudah keharusan kami PDAM, bahkan terpaksa melakukan penundaan pembayaran iuran pensiun dan penundaan pembayaran insentif kinerja untuk membiayai kegiatan walaupun berat dan terpaksa. Kebijakan sudah diputuskan. Terimakasih dan salut untuk semua karyawan PDAM Kotabaru," tambah Ipansyah.

Sebenarnya, masih menurut Ipansyah, langkah-langkah penanganan krisis air bersih di Kotabaru sudah tertuang secara komprehensif di dalam dokumen rencana induk sistem penyediaan air minum (Rispam).

Baca: 4 Berita Hoax Pekan Ini : Video Bayi dan Bangkai Pesawat Lion Air JT-610 Jatuh di Perairan Karawang

Di dalam dokumen tersebut sudah tertuang rencana kegiatan, tahun pelaksanaan bahkan alokasi anggarannya.

Karena penyusunan dokumen rispam dilakukan oleh konsultan profesional, setelah mendapat input masukan data-data dari PDAM dan struktur organisasi perangkat daerah (SOPD).

Halaman
123
Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved