Pembibitan Modern Kultur Jaringan Banjar

Pembibitan Modern Kultur Jaringan di Banjar Ditangani Empat Orang Berkemampuan Otodidak

Pembibitan tanaman dilakukan secara khusus, dengan peralatan dan bahan khusus serta ditangani orang-orang berkemampuan khusus pula.

Pembibitan Modern Kultur Jaringan di Banjar Ditangani Empat Orang Berkemampuan Otodidak
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Anakan pisang dijadikan indukan kultur jaringan. Bonggol bagian tunas yang dibiakkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - TAK banyak yang tahu di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) juga ada tempat pembibitan tanaman modern, seperti di sejumlah kota besar di Indonesia. Tepatnya, di Kabupaten Banjar.

Apa itu? Laboratorium (lab) kultur jaringan. Sesuai namanya, pembibitan tanaman di tempat ini dilakukan secara khusus, dengan peralatan dan bahan khusus serta ditangani oleh orang-orang berkemampuan khusus pula.

Pembiakkan tanaman tidak dilakukan secara manual atau konvensional di lapangan terbuka. Tapi, dilakukan di sebuah ruangan (gedung) tertutup, di sebuah laboratorium yang dilengkapi sejumlah peralatan modern serta pendingin udara.

Baca: Hasil Liga Inggris, Manchester City Pesta Gol ke Gawang Southampton, Puncaki Klasemen, Skor 6-1

Hebatnya, lab kultur jaringan itu dikomandani seorang perempuan muda, Lily Marlina. Ia dibantu tiga staf teknisnya dalam mengelola dan mengoperasionalkan lab tersebut yakni Jumiadi, Firdaus, dan Riskon.

"Keilmuan akademik kami sebenarnya bukan pada bidang pembiakkan kultur jaringan. Tapi, kami belajar secara otodidak. Berkat kemauan yang kuat dan ketekunan, alhamdulillah kami mampu membiakkan tanamam melalui teknologi kultur jaringan," ucap Lily, pekan lalu.

Lily adalah aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar. Ia mendapat amanah mengepalai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPT) Balai Benih setempat yang di dalamnya ada fasilitas lab kultur jaringan. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved