Ekonomi dan Bisnis

Perhatikan Faktor ini Jika Mau Kredit KPR Disetujui Bank

Walaupun tetap menjadi yang utama, namun ternyata jumlah pendapatan bukan satu-satunya faktor yang menjadi pertimbangan perbankan

Perhatikan Faktor ini Jika Mau Kredit KPR Disetujui Bank
banjarmasinpost.co.id/acm
Pelayanan nasabah KPR di BRI Cabang Banjarmasin Samudera 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun tetap menjadi yang utama, namun ternyata jumlah pendapatan bukan satu-satunya faktor yang menjadi pertimbangan perbankan untuk menerima permohonan kredit calon debitur.

Termasuk pada permohonan kredit pemilikan rumah (KPR), ada beberapa faktor dan prinsip lain yang menjadi pertimbangan perbankan.

Manajer Pemasaran Konsumer BRI Cabang Banjarmasin Samudera, Evelyne F Manan menjelaskan, karakter calon debitur juga penting sebagai penilaian.

Menurutnya, hal ini bisa dilihat dari hasil wawancara antara customer service kepada nasabah yang hendak mengajukan kredit, mengenai latar belakang, kebiasaan hidup, pola hidup nasabah dan lain-lain.

Inti dari faktor ini ialah menilai calon nasabah apakah bisa dipercaya dalam menjalani kerjasama dengan bank.

Baca: Contoh Soal TKP yang Membuat Peserta Tak Lolos Tes SKD Usai Seleksi Administrasi CPNS 2018

Baca: Hanya Tiga Orang Nilainya di Atas 300, Peserta Tes CPNS 2018 di Tapin Mengeluhkan Soal Tes

Baca: Dua Pengantin Rela Tinggalkan Resepsi Demi Tes SKD Usai Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

Baca: Instansi Ini Hanya 6 Orang Lulus Tes SKD Dari 1.078 Peserta Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

Baca: Chord Gitar dan Lirik lagu Terbaru Nissa Sabyan Gambus Allahumma Labbaik

Prinsip kedua yaitu kapasitas yang menilai kemampuan nasabah dalam menjalankan keungan yang ada pada usaha yang dimilikinya.

Apakah nasabah tersebut pernah mengalami sebuah permasalahan keuangan sebelumnya atau tidak, dimana prinsip ini menilai akan kemampuan nasabah saat membayar kredit kepda bank.

Faktor selanjutnya yaitu aset, yaitu terkait akan kondisi aset dan kekayaan yang dimiliki, khususnya nasabah yang mempunyai sebuah usaha.

Aset dinilai dari laporan tahunan perusahaan yang dikelola oleh nasabah, sehingga dari penilaian tersebut pihak bank dapat menentukan layak atau tidaknya nasabah tersebut mendapat pinjaman dan seberapa besar bantuan kredit yang akan diberikan.

Selain itu, prinsip agunan juga menjadi faktor yang dipertimbangkan. Hal ini perlu diperhatikan bagi para nasabah ketika mereka tidak dapat memenuhi kewajibannya dalam mengembalikan pinjaman dari pihak bank.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved