Kiprah Anak Banua Lulusan Akpol

Lahir di Martapura, AKBP Eko Pernah Bertugas di Berbagai Tempat dan Sering Bongkar Kasus Besar

Saat diajak ngobrol, pria ramah ini masih fasih berbahasa Banjar meski pernah melanglang bertugas di beberapa daerah sejak lulus Akpol pada 1996

Lahir di Martapura, AKBP Eko Pernah Bertugas di Berbagai Tempat dan Sering Bongkar Kasus Besar
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
AKBP Eko Wahyuniawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN- Berperawakan tegap dan tinggi 170 cm lebih, siapa menyangka AKBP Eko Wahyuniawan SIK yang sekarang menjabat sebagai Wakil Direktur Direktorat Narkoba Polda Kalsel ini adalah orang Banua tepatnya Guntung Halaban Martapura Kabupaten Banjar.

Bahkan kala diajak ngobrol, pria ramah ini masih fasih berbahasa Banjar meski pernah melanglang bertugas di beberapa daerah sejak lulus Akpol pada 1996 lalu.

Saat diajak berbincang , Eko yang merupakan anak seorang guru SD di Martapura ini mengungkapkan begitu lulus SMP 1 Martapura ia langsung masuk SMA Taruna pada 1990 lalu.

"Waktu itu angkatan pertama SMA Taruna, awalnya sih tak mengetahui tentang SMA Taruna karena baru awal dibuka. Mendaftar di Kodim Martapura,"paparnya.

Baca: Anak Banua Lulusan Akpol Balik Kampung Menjabat Kapolres Banjarbaru

Baca: Detik-detik Korban Tragedi Kereta Surabaya Membara Terekam Kamera, Ini Videonya

Baca: BKN Umumkan Informasi Baru Kebijakan Passing Grade Buat Peserta Bisa Lolos Tes SKD Adalah Hoax

Kemudian saat bersekolah di SMA Taruna itu segala mulai dipersiapkan baik menjaga kesehatan, pendidikan dan lainnya hingga lulus pada 1993 dan kemudian ia langsung masuk dan diterima di Akpol hingga lulus 1996 lalu dengan pangkat awal dulunya Letda .

Penugasan pertama pun dijalaninya di Timor-Timor dan kemudian ke Jawa Tengah, Jambi, Sulawesi Tenggara hingga jadi Kapolres Bau-Bau.
"Waktu tugas di Timur-Tinur jelang jejak pendapat memang ada kekahawatiran awalnya tapi allahmdulillah berjalab lancar," tuturnya.

Setelah itu pada 2016 pertengahan ia pun mendapatkan petugasan di Banua yakni Kapolres Banjarbaru hingga kemudian 2017 mendapat kepercayaan sebagai Wadir Narkoba Polda Kalsel.

Ia pun berharap anak Banua yang ingin masuk Akpol untuk mempersiapkan diri jauh hari baik fisik dan pendidikan.

Baca: Luna Maya Move On Dari Reino Barack, Sudah Punya Pacar Baru?

Baca: Kronologi Tragedi Kereta Surabaya Membara Diungkap Kapolrestabes, Kondisi Tubuh Korban Terbelah

Baca: Kronologi Detik-detik Penonton Surabaya Membara Tertabrak Kereta Api, 3 Tewas 20 Orang Luka

Bagaimana bertugas di daerah sendiri? Eko mengatakan tak ada masalah dimana saja bertugas.
"Kalau kendala tidak ada, tergantung orangnya , kita dimana saja bertugas ditempatkan , kalau kita baik tentunya Insyaallah tak masalah," jelasnya.

Catatan BPost Online, selama bertugas jadi Kapolres Banjarbaru banyak gebrakan yang dilakukan AKBP Eko hingga menjabat sebagai Wadir Narkoba Polda Kalsel. 

Dirinya bersama sang Direktur Kombes M Firman serta jajaran Kasubdit Narkoba kerap membongkar kasus-kasus narkoba dengan barang bukti puluhan kilo sabu. Bahkan ia bersama sang Direktur kerap memperoleh penghargaan Kapolda atas pengungkapan kasus-kasus besar narkoba tersebut .(banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved