Berita Tanahlaut

Jatah Kuota CPNS 2018 Tanahlaut Hanya Terisi 57 Persen, Ternyata Ini Permasalahannya

Dua staf pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanahlaut, tampak sibuk membenahi layar monitor

Jatah Kuota CPNS 2018 Tanahlaut Hanya Terisi 57 Persen, Ternyata Ini Permasalahannya
Mukhtar Wahid
Dua staf pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanahlaut, tampak sibuk membenahi layar monitor komputer kedalam kotak kardus di ruang ujian CAT, Senin (12/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pelaksanaan seleksi CPNS 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut, Senin (12/11/2018) siang, berakhir.

Dua staf pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanahlaut, tampak sibuk membenahi layar monitor komputer kedalam kotak kardus.

"Ini komputer milik SMAN Pelaihari. Kita benahi karena pelaksanan ujian kompetensi bidang tidak sebanyak seleksi kompetensi dasar," ujar staf tersebut.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, dari 2789 peserta yang mendaftar seleksi, sekitar puluhan peserta tidak berhadir.

Baca: Hasil Sriwijaya FC vs Barito Putera di Liga 1 2018 : Skor Babak Pertama 0-0, Penyelamatan M Riyandi

Kemudian, hasilnya seleksi tes uji kompetensi dasar, hanya 57 persen yang lulus memenuhi ambang batas nilai minimal mata uji 100 soal dalam waktu 90 menit.

Kepala Bidang Pengembangan pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanahlaut, Ismail Sambiring dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, membenarkan kouta formasi 169 orang itu hanya terisi 57 persen.

Menurut Ismail Sembiring, pihaknya harus memotivasi peserta pada seleksi hari kedua hingga Senin, karena saru hari itu ada lima sesi.

Setiap sesi diikuti 80 peserta, diantara sesi itu ada yang zonk alias 80 peserta ujian tidak lolos semua menjawab tes uji kompetensi dasar.

Ismail Sambiring mengaku masih menunggu petunjuk untuk melakukan seleksi kompetensi bidang karena ada saja, satu formasi, pesertanya yang lulus seleksi delapan orang.

Baca: Segini Jumlah Kendaraan yang Ditilang Dalam Operasi Zebra di Banjarmasin Barat

"Kemudian, formasi honorer K2 berjumlah 15 orang hanya 2 orang yang lulus seleksi. Lebih banyak peserta yang nyaris lulus," katanya dihubungi petang karena mendampingi tim BKN dan panitia pelaksana.

Menurut Ismail Sembiring, kondisi 57 persen CPNS yang berhasil itu, pihaknya berencana .melakukan kebijakan dengan mengakomodasi peserta ujian CPNS yang nilai ujiannya nyaris lulus atau hanya kurang 1 angka dari ambang batas uji kompetensi dasar.

"Kebijakan ini hanya saran saja yang akan dilaporkan kepada Bupati Tanahlaut. Kemungkinan, Bupati Tanahlaut yang akan menyurati BKN agar memberikan kebijakan kepada Pemerintah Kabupaten Tanahlaut," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved