Sains

Mobil Listrik Kreasi Mahasiswa Ini Bakal Jalan 15.000 Km, Ini Rute-rute yang Bakal Dilewatinya

Perjalanan akan dimulai dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak, Sampit, Balikpapan, Samarinda

Mobil Listrik Kreasi Mahasiswa Ini Bakal Jalan 15.000 Km, Ini Rute-rute yang Bakal Dilewatinya
Kompas.com/Setyo Adi
Ekspedisi menggunakan mobil listrik Blits dan Kasuari tiba di Jakarta. Tim Eksplor Indonesia ini akan menempuh jarak 15.000 km keliling Indonesia untuk menguji coba mobil listrik buatan mahasiswa tersebut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Mobil listrik hasil kolaborasi antara dua perguruan tinggi, Universitas Budi Luhur dan ITS, Blits mau mengikuti Rally Dakar. Sebagai persiapan, akan diuji keliling nusantara dengan jarak kurang lebih 15.000 km.

Perjalanan akan dimulai dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak, Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke, Kupang, Labuan Pajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi dan berakhir di Surabaya.

"Proyek Blits ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen untuk melahirkan mobil listrik," kata Rektor Universitas Budi Luhur Didik Sulistyanto dalam siaran resmi, Senin (12/11/2018).

Blits ini sendiri memang didesain untuk mengikuti Rally Dakar Argentina, di mana dari tubular sasis, bentuk bodi, elektric motor, sampai dengan ketahan baterai menjadi perhatian utama.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming TVOne Madura FC vs PSS Sleman Liga 2 2018 Jam 15.30 WIB

BLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya.(Dokumen/ITS dan UBL)

"Maka kita targetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia," kata Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Mobil listrik nasional ini memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk Explore Indonesia dengan Blits Battery Pack berkapasitas, yang punya kapasitas maksimal 90kWh, maximum voltage 380V, base voltage 350V, max discharge current 777A, dan base discharge current 259A.

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved