Bumi Antaluddin

Monumen Tugu Adipura Dibangun sebagai Motivasi Menjaga Kebersihan di HSS

Monumen Tugu Adipura akan berdiri kokoh di kawasan Simpang Lima, Jalan A Yani, Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Monumen Tugu Adipura Dibangun sebagai Motivasi Menjaga Kebersihan di HSS
Foto Kominfo HSS
Bupati HSS H Achmad Fikry sudah melakukan peletakan batu pertaman pembangunan tugu adipura itu pada Sabtu, (10/11) usai kegiatan memperingati hari pahlawan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Monumen Tugu Adipura akan berdiri kokoh di kawasan Simpang Lima, Jalan A Yani, Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bupati HSS H Achmad Fikry sudah melakukan peletakan batu pertaman pembangunan tugu adipura itu pada Sabtu, (10/11) usai kegiatan memperingati hari pahlawan.

Pembangunan Tugu Monumen Adipura sesuai dengan No Kontrak 655/PT.MA/Dispera KPLH/ 2018 dengan masa pelaksanaan 75 hari dengan nilai kontrak Rp 888.800.000 oleh pelaksana CV Cipta Pratama.

Monumen tugu adipura yang sudah dalam proses pengerjaan itu akan dihiasi oleh dua segmen pot bunga kiri dan kanan, lima buah kolam air mancur, RGB LED, bendera, serta ornamen daun.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) MK Saputra menjelaskan bahwa tugu dibangun sebagai rasa syukur atas diperolehnya penghargaan Adipura dari Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan secara berturut-turut  2016 dan 2017 tadi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH)

MK Saputra menjelaskan bahwa tugu dibangun sebagai rasa syukur atas diperolehnya

penghargaan Adipura dari Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan secara berturut-turut

2016 dan 2017 tadi. (Foto Kominfo HSS)


Dua segmen pot bunga memiliki arti bahwa dalam meraih adipura ada dua unsur yang harus dipenuhi dalam mencapai anugerah adipura yaitu fisik dan nonfisik.

Lima kolam air mancur sebagai penyokong tugu mencerminkan jumlah rukun islam sebagai landasan dalam mencapai cita-cita.

Air mancur, dan RGB led merupakan simbol dari inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Bendera merah putih merupakan simbol cinta terhadap tanah air dan bangsa serta menambah cinta terhadap Kabupaten HSS.

Ornamen daun melambangkan kehijauan, keasrian, dan merupakan cita-cita Kabupaten HSS dalam mewujudkan HSS yang hijau, bersih dan asri.

Monumen Tugu Adipura akan berdiri kokoh di kawasan Simpang Lima, Jalan A Yani, Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Monumen Tugu Adipura akan berdiri kokoh di kawasan Simpang Lima, Jalan A Yani,

Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

(Foto Kominfo HSS)


Bupati HSS H Achmad Fikry menyampaikan pembangunan tugu ini merupakan semangat untuk melihat keberhasilan sekaligus memberikan motivasi untuk mempertahankan adipura sebagai lambang kebersihan kota.

“Piala adipura bukan tujuan, tujuan sesungguhnya adalah bagaimana Kota kita tetap bersih. Semoga ini menjadi pendorong bagi generasi ke depan bahwa Kota Kandangan pernah mendapat penghargaan adipura” katanya.

Bupati HSS juga mengajak seluruh masyarakat HSS untuk tetap dapat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

Monumen tugu ini akan mencantumkan penghargaan Adipura tahun 1996, 2016 dan 2017, apabila nanti mendapat penghargaan adipura lagi juga akan dicantumkan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) MK Saputra menjelaskan bahwa tugu dibangun sebagai rasa syukur atas diperolehnya penghargaan Adipura dari Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan secara berturut-turut 2016 dan 2017 tadi.

“Tugu Adipura ini juga sebagai motivasi untuk menjaga dan mempertahankan kota dan lingkungan yang bersih dan sehat atas diraihnya penghargaan (supremasi) di bidang kebersihan dari pemerintah pusat,” katanya. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved