Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

FEKK di Kalsel Gelar Economic Meeting, Isu Ini Hangat Dibahas

Isu perekonomian diantaranya current account deficit (CAD) nsional yang menyentuh -3,37 persen menjadi topik hangat yang dibahas.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
FEKK di Kalsel saat Economic Meeting membahas isu perekonomian terkini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK) di Kalsel Terdiri Dari Pemerintah Daerah, Instansi Pemerintah dan Akademisi Gelar Economic Meeting di Swiss Belhotel Banjarmasin, Selasa (13/11/2018).

Berbagai isu perekonomian terkini dibahas dalam pertemuan ini mulai laporan perekonomian makro secara umum hingga berbagai faktor ekonomi daerah di Kalselteng.

Isu perekonomian di antaranya current account deficit (CAD) nasional yang menyentuh -3,37 persen menjadi topik hangat yang dibahas.

Menurut Kasubid P Model Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Yasir Niti Samudro, nilai hasil laporan CAD Indonesia saat ini cukup memprihatinkan.

"Walaupun tidak mengejutkan, namun nilai CAD kita saat ini memang cukup memprihatinkan," kata Yasir.

Baca: Terdakwa Pelaku Pencabul Bocah di Tanahlaut Dipidana 10 Tahun Penjara dan Bayar Denda Rp 500 Juta

Baca: Satu Keluarga Ditemukan Tewas di Bekasi, Dua Saksi Sebut Ada Mobil Melaju Cepat Jenis CRV Hilang

Di Kalsel, topik tersebut mengarah pada usaha optimalisasi penerimaan dana hasil ekspor (DHE) karena ekspor merupakan salah satu penopang perekonomian Kalsel dan berkaitan langsung dengan CAD.

Berbagai pihak dan instansi yang berhubungan dengan optimalisasi penerimaan DHE pun hadir termasuk Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Kalbagsel, Kanwil DJP Kalselteng serta KPw BI Kalsel yang mendata devisa termasuk dari kegiatan ekspor.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM dan Ekonom Kementrian Keuangan RI, Prof Handry Imansyah juga berikan masukan untuk optimalkan penerimaan DHE di Kalsel.

Kegiatan Economic Meeting digelar dilakukan untuk mendapatkan masukan dari daerah dalam memformulasikan kebijakan ekonomi dan fiskal, dan untuk penyebaran informasi tentang kebijakan ekonomi dan fiskal tersebut dengan lebih tepat, akurat, dan up to date. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved