Suka Duka Pelihara Ikan Louhan

Dari Hobi Menjadi Hoki, Louhan Tetap Nomor Satu di Hati Pengoleksinya

Imam Suriani misalnya, warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kalsel itu mengaku telah hobi

banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie
Ikan louhan milik Imam Suriyani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski kini hobi memelihara ikan louhan sudah tidak seramai dulu lagi, namun ikan bernama latin Amphilophus trimaculatus ini tetap jadi nomor satu di hati para pengoleksinya.

Imam Suriani misalnya, warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kalsel itu mengaku telah hobi memelihara ikan sejak 2005 lalu.

Semula berbagai jenis ikan pun sebelumnya pernah ia pelihara, dari arwana, ikan mas dan lainnya. Namun kecintaan Imam berakhir pada jenis ikan berkepala jenong dan bersisik cerah.

Baca: Cerita di Balik Konser Journey of Syahrini: Luna Maya Tak Jadi Datang, Reino Barack Nikmati Konser

" Karena memelihara Ikan Louhan juga banyak kemudahan dibanding ikan lainnya. Diantaranya Ikan Louhan, kuat meski tidak menggunakan oksigen beberapa saat. Jadi tidak harus kawatir padam listrik," jelasnya.

Tidak hanya itu, hal yang tak disangka-sangka lainnya dalam memelihara Louhan, kini Imam ternyata telah merasakan buah dari hobinya tersebut.

Baca: Lama Tak Terdengar Kehebohannya, Penggemar Ikan Louhan Ternyata Masih Eksis

Ia bisa meraup untung dari hasil penjualan ikan louhannya dari nilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

" Iya, Alhamdulillah, meski pernah berhenti karena kesibukan. Tapi dari hobi ini ternyata cukup menghasilkan. Saya bisa dapat jutaan rupiah dalam menjual satu ekor louhan," katanya.

Untuk sasaran pasar lanjut Imam lagi, tidak hanya di Kalimantan Selatan melainkan ia juga pernah mengirim hingga mancanegara, seperti Singapura.

" Selain itu, saya juga pernah kirim ke Palembang, Riau dan Lombok. Karena ternyata di sana geliat ikan louhan masih tinggi," ungkapnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved