Suka Duka Pelihara Ikan Louhan

Daun Ketapang Rahasia Mengembalikan Kecerahan Jenong Ikan Louhan

Imam Suriani, warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat memelihara banyak ikan louhan.

banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie
Ikan Louhan yang dipelihara Imam Suriani, warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berkepala jenong dan bersisik keras kemerah-merahan, ikan Louhan Kemalau berenang santai di akuarium kediaman Imam.

Imam Suriani, warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat memelihara banyak ikan louhan.

Kecantikan ikan tersebut semakin terlihat saat pancaran cahaya memantul ke tubuhnya yang membuat bintik mutiara pun kian nampak.

Namun, bagi Imam kecant ikan louhannya itu setidaknya sebanding dengan susah payahnya dalam pemeliharaan dan perawatan selama ini.

Baca: Dari Hobi Menjadi Hoki, Louhan Tetap Nomor Satu di Hati Pengoleksinya

Terutama ketika warna ikan yang mendadak berubah menjadi kusam, kecemasan pun seketika menyelimuti pikirannya.

" Ya bagaimana tidak cemas, sementara kualitas dan tingginya harga louhan selain bergantung dari seberapa besar jenongnya, juga juga kecerahan warna mutiara pada ikan tersebut," jelasnya

Baca: Jelang Barito Putera vs Mitra Kukar, Jacksen F Tiago Tekankan Spirit Timnya

Namun dalam kasus ini, Imam pun tidak berputus asa begitu saja. Ada suatu cara yang unik dilakukannya demi mengembalikan kecerahan warna pada ikan louhan yakni memberikan daun Ketapang pada air akuarium.

" Kecerahan warna louhan biasanya dipengaruhi oleh faktor keasaman air. Nah, untuk menormalkan PH-nya, biasa saya menggunakan beberapa lembar daun Ketapang dan menaruh ke dalam air, hingga ikan kembali normal," jelasnya.

Meskipun tambahnya lagi, dalam memelihara ikan louhan sebetulnya juga tidak boleh terlepas dari keuletan dan kerutinan pemilik, terutama dalam memperhatikan dan mengganti kondisi air.

" Usahakan air terjaga dan terganti dengan rutin, bila sudah terlihat agak kotor atau keruh," jelasnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved