Breaking News:

Suka Duka Pelihara Ikan Louhan

Gara-gara Lupa Ganti Air, Imam Rugi Hingga Jutaan Rupiah

Gampang artinya ikan ini tergolong kuat meski tanpa airtator atau mesin oksigen selama beberapa jam

banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie
Imam Suriyani, warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pada dasarnya memelihara ikan Louhan menurut seorang warga Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kalsel, Imam Suriayani adalah gampang-gampang susah.

Gampang artinya ikan ini tergolong kuat meski tanpa airtator atau mesin oksigen selama beberapa jam sehingga tidak perlu kawatir bila listrik padam saat pemeliharaan.

Kemudian susahnya, ikan jenong juga terkadang mudah stres. Sehingga bila dibiarkan, pemelihara pun tidak hanya kehilangan koleksi terbaiknya, juga kerugian materil dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Seperti yang dialami Imam beberapa waktu yang lalu, ia pun harus merelakan dua koleksi jenis ikan terbaiknya, yang bila ditotal senilai Rp 1 juta lebih.

Baca: Sarita Abdul Mukti Cabut Hak Asuh Anak dan Harta Gono Gini, Setelah Bercerai dengan Faisal Harris

Itu menurut Imam lantaran dirinya sempat lalai mengganti kondisi air yang sudah berangsur kotor.

" Iya, dulu pernah dua kali. Padahal harganya sudah lumayan Rp 800 ribu perekor. Hanya gara-gara saya lupa ganti air,"jelasnya.

Baca: Dari Hobi Menjadi Hoki, Louhan Tetap Nomor Satu di Hati Pengoleksinya

Sehubung itulah, Imam sangat menyarankan agar dalam pemeliharaan louhan sebaiknya ketelatenan dan kepekaan sangat diperlukan oleh sang pemiliknya.

Cara penanganannya pun banyak bila menemui ikan louhan stress tersebut. Diantaranya bisa mengganti air, memberikan vitamin dan sedikit garam pada air itu.

" Biasanya, kalau pemberian obat dan vitamin, saya lakukan setiap hari seiring mengganti air. Selain obat berupa vitamin, saya juga menyertakan airator dan sedikit garam. Bila kita telaten, Insha Allah ikan kembali sehat," jelasnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved