Berita Banjarmasin

4 Aspek Ini Bikin Rumah Zakat Raih Raih Predikat Syariah dari Kemenag Kalsel

Ada empat Aspek yang dinilai dan diperiksa dalam pengawasan kali ini yaitu Aspek Managamen Kelembagaan

4 Aspek Ini Bikin Rumah Zakat Raih Raih Predikat Syariah dari Kemenag Kalsel
banjarmasinpost.co.id/burhani yunus
Rumah Zakat Bagikan 120 Kaleng Superqurban kepada Pedagang di Pasar Terapung Lokbaintan 

BANJARMASINPIST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah menjalani proses Pengawasan Kelembagaan dan Audit Kepatuhan Syariah oleh Tim Kemenag Kalsel, Rumah Zakat Kalimantan Selatan mendapat opini yaitu Sesuai Syariah.

Ada empat Aspek yang dinilai dan diperiksa dalam pengawasan kali ini yaitu Aspek Managamen Kelembagaan, Aspek pengumpulan, Aspek pendistribusian,dan Aspek Amil dan kelembagaan. Metode pengawasan yang di lakukan adalah dengan menggunakan metode konfirmasi langsung dengan pemeriksaan berkas dan dokumen.

Muhammad Luthfi Alfin Branch Manager Rumah Zakat Kalimantan Selatan mengatakan pelaksanaan audit ini merupakan implementasi sebagaimana di atur dalam pasal 17 UU Nomer 23 tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat dan PP Nomer 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU nomer 23 tahun 2011.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Link Live Streaming RCTI Akad Nikah Baim Wong dan Paula Verhoeven

"Pendistribusian dana ZIS di Rumah Zakat berbasis Desa Berdaya, untuk saat ini ada 9 Total Desa Berdaya dari Total 20 Target Desa Berdaya untuk wilayah Kalimantan Selatan," katanya melalui rilis yang dikirim ke BPost online Kamis (22/11/2018) pagi.

Baca: Terungkap! MS Buang Kepala Korban di Jembatan Barito, Polda Sebut Pebunuhan Sadis Bermotif Dendam

Desa Berdaya sendiri adalah Program Pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa, melalui pendekatan terintegrasi yaitu Program Capacity Building (Pembinaan Masyarakat), Ekonomi, Pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap siagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yg berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri serta berkolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah desa.

Alfin juga menyampaikan per 2018 di Rumah Zakat Kalimantan Selatan sendiri terdapat Pemberdayaan ekonomi dan lingkungan seperti Urban Farming juga Bank Sampah.

Baca: Klarifikasi Presiden Jokowi Soal PKI di Depan Ulama Jelang Pilpres 2019, Jokowi : Silahkan Tabayyun

Untuk Program Pendidikan sendiri terdiri dari Beasiswa Anak Juara, Pesantren Ramadhan, Berbagi Bersama Yatim dan Bimbingan Baca tulis Al Qur’an dengan Total penerima manfaat sebesar 772 orang.

Sedangkan untuk Program Kesehatan telah juga terlaksana Program Siaga Sehat, Posyandu Balita, Posyandu Lansia, kebun Gizi,Khitanan Massal, Pengantaran Ambulance dengan total Penerima manfaat sebanyak 9669 orang.

Alfin menyampaikan Terima kasih atas segala support dan do’a dari warga Kalimantan selatan selama ini kepada Rumah Zakat sehingga dalam Audit tahun ini meraih Opini Sesuai Syariah.

(Banjarmasinpost.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved