Berita Kabupaten Banjar

Camat Mataraman: Warga Desa Surianhanyar Berdamai dengan Perusahaan Tambang

Warga Desa Surianhanyar Cintapuri Mataraman akhirnya berdamai dengan perusahaan PT Perkebunan Danau Salak atau PTPN XIII serta pemilik IUP HGU.

Camat Mataraman: Warga Desa Surianhanyar Berdamai dengan Perusahaan Tambang
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Camat Mataraman, Ahmad Rubaini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Warga Desa Surianhanyar Cintapuri Mataraman, akhirnya berdamai dengan perusahaan PT Perkebunan Danau Salak atau PTPN XIII serta pemilik IUP HGU di areanya yakni, CV PST, CV KSM, CV Hirzan Raya serta CV Cinta Puri Pratama (CPP) yang mana air limbah tambang batu bara sempat dikeluhkan karena mengenai lahan pertanian.

Pertemuan antara warga dengan pihak perusahaan tersebut berlangsung di Desa Bawahan Selan pada 24 November 2018 lalu.

Camat Mataraman, Ahmad Rubaini membenarkannya, bahwa sudah ada kesepakatan antara warga Desa Surianhanyar dengan pihak perusahaan yang dimaksud, yakni PTPN XIII serta pemilik IUP HGU di areal PTPN XIII.

Adapun hasil kesepakatan adalah pihak perusahaan akan membuat kolam penampungan besar atau waduk yang bersifat sementara di dalam area HGU PTPN XIII yang berfungsi sebagai penyaringan sebelum dialirkan ke area atau lingkungan masyarakat Desa Surianhanyar dan sekitarnya.

Baca: Live Streaming Liga Champion Malam ini di RCTI : Juventus vs Valencia dan AEK vs Ajax, Duel Ronaldo

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Champion Matchday 5 di RCTI Rabu Dini Hari, AS Roma vs Real Madrid

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Champion di RCTI Malam Ini Rabu (28/11), Real Madrid, Juventus, MU Main

Setiap pemilik IUP HGU PTPN XIII diwajibkan membuat seltling pond yang dialirkan ke kolam penampungan besar atau waduk setelah dilakukan pengelolaan air limbah tambang agar sesuai baku mutu.

Tim akan bekerja untuk jangka panjang mencari solusi arah aliran air limbah tambang agar sesuai baku mutu. Tim akan bekerja untuk jangka panjang mencari solusi arah aliran air limbah tambang agar tidak melewati area pertanian masyarakat.

Kesepakatan lainnya adalah, kegiatan pemompaan tidak dilakukan sebelum kesepakatan ditandatangani dan akan dialirkan melalui settling pond dan ditreatment kemudian dialirkan ke kolam penampungan besar atau waduk sebelum dialirkan ke area atau lingkungan masyarakat. Seiring proses pembuatan kolam penampungan besar atau waduk, semua aktifitas pertambangan dapat beroperasi secara rutin tanpa ada gangguan dari masyarakat manapun.

Seluruh pemilik IUP HGU PTPN XIII akan bertanggungjawab secara teknis maupun secara ekonomis mengantisipasi penanggulangan air limbah tambang.

Apabila terjadi gangguan atau klaim dari masyarakat Desa Surianhanyar terhadap pencemaran air limbah tambang pemilik IUP HGU PTPN XIII setelah selesai dilakukan pembuatan dan pengelolaan air limbah tambang sesuai baku mutu, maka tim perwakilan Desa Surianhanyar agar membantu menyelesaikannya.

Baca: Live Streaming PSG vs Liverpool via Live Streaming RCTI di Liga Champion Matchday 5

Baca: Prediksi Susunan Pemain AS Roma vs Real Madrid Liga Champion, Link Live Streaming TSB3 Vidio.com

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) AS Roma vs Real Madrid Liga Champion Matchday 5 Malam ini

Selanjutnya, seluruh IUP di dalam area HGU PTPN XIII wajib memberikan dana CSR kepada masyarakat yang masuk kedalam ring satu, termasuk Desa Surianhanyar. Seluruh IUP dan kontraktor atau sub kontraktor di dalam area HGU PTPN XIII wajib mengutamakan tenaga kerja non skill dari area ring satu, termasuk Desa Surianhanyar.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved