Berita Banjarmasin

Kantin Kejujuran Semakin Berkurang, Paguyuban Orangtua Siswa SDN SN Pasar Lama 1 Menggagas ini

Sejak diluncurkan pada tahun 2008 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung, keberadaaan kantin kejujuran semakin berkurang.

Kantin Kejujuran Semakin Berkurang, Paguyuban Orangtua Siswa SDN SN Pasar Lama 1 Menggagas ini
istimewa
Kantin Kejujuran kelas 4C 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak diluncurkan pada tahun 2008 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung, keberadaaan kantin kejujuran semakin berkurang.

Seiring waktu, hanya segelintir yang dapat bertahan, sisanya mengalami kerugian dan akhirnya gulung tikar.

Tetapi hal itu tidak menyurutkan niat dan semangat ibu-ibu yang tergabung dalam paguyuban orangtua murid kelas 4C SDN SN Pasar Lama 1 Banjarmasin untuk justru menumbuhkan kembali kantin kejujuran walaupun untuk cakupan kecil, yakni berupa kantin kelas.

istimewa - Keceriaan Murid kelas 4C setelah berbelanja di

kantin kejujuran

SDN SN Pasar Lama 1 yang terletak di Jl. S. Parman ini pada tahun 2017 telah meraih predikat Sekolah Adhiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2017, predikat Sekolah Sehat Sekota Banjarmasin tahun 2017 dan akan mewakili Kota Banjarmasin pada pemilihan sekolah sehat tahun 2019.

Baca: Penonton Diajak Bernostalgia, Trailer Film Keluarga Cemara Resmi Rilis di Hari Ini

Baca: Beri Pembelaan untuk Anggota BPN Prabowo, Fadli Zon: Ahmad Dhani adalah Korban Persekusi

Baca: Lolos SKB Tak Jaminan, BKN Tetap Dikosongkan Formasi Jika Pelamar Gugur di Pemberkasan CPNS 2018

Dalam sambutannya Kepala Sekolah Pasar Lama 1 Sakerani, S.Pd mengungkapkan bahwa dengan adanya kantin kejujuran walaupun dalam skala kecil, turut menunjang perwujudan sekolah berintegritas yaitu sekolah yg menrapkan nilai-nilai integritas yaitu kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, budaya malu, sikap ksatria, berani menanggung resiko dsb.

Beliau pun mengharapkan agar sikap jujur yang tertanam nanti akan berdampak pada keseharian siswa, misalnya jujur dan tidak mencontek saat ulangan dsb.

istimewa- paguyuban orangtua murid kelas 4C SDN SN Pasar Lama

1 Banjarmasin

Harapan lain yang beliau sampaikan adalah agar kantin kejujuran kelas dapat terus berkembang sehingga bisa menjadi kantin kejujuran sekolah.

Kantin kejujuran kelas 4C yang diluncurkan secara resmi pada 1 Desember 2018 ini pada tahap awal akan buka seminggu sekali yakni pada hari Sabtu.

Kantin sendiri bersifat non profit, tetapi lebih mengutamakan tujuan awal pembentukan, yaitu pengembangan karakter kejujuran dan jiwa anti korupsi pada siswa/i.

Nilai-nilai lain yang akan ditanam adalah kemandirian, budaya antri dan ketangkasan berhitung, demikian yang diungkapkan ketua paguyuban kelas 4C SDN SN Pasar Lama 1 Ibu Anita atau biasa disapa mama Syifa.

Adapun item yang dijual di kantin adalah jajanan sehat diantaranya ada yg dibuat sendiri oleh ibu-ibu anggota paguyuban kelas 4C.

Terdapat juga hasil prakarya para siswa/i seperti yang diungkapkan oleh Ibu Dieni atau mami Nayla salah satu anggota paguyuban dan penggagas kantin kejujuran. (banjarmasinpost.co.id/eka dinayanti)

Penulis: Edinayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved