Berita Hulu Sungai Tengah

Haruyan Dayak HST Banjir Buah Durian, Saat Ini Beli Harganya Cuma Rp 15 Ribu Per Biji

Di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HUlu Sungai Tengah, buah durian ukuran tersebut, dijual Rp 15 ribu per buah

Haruyan Dayak HST Banjir Buah Durian, Saat Ini Beli Harganya Cuma Rp 15 Ribu Per Biji
Hanani
Tumpukan durian di salah satu teras rumah warga Desa Haruyan Dayak, Hantakan, HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Buah durian, salah satu jenis buah musiman yang sangat disukai banyak kalangan karena rasanya yang khas.

Buah inipun bernilai ekonomis tinggi, karena per biji (ukuran berat sekitar tiga kilogram) bisa sampai Rp 45-50 ribu.

Namun, di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HUlu Sungai Tengah, buah durian ukuran tersebut, dijual Rp 15 ribu per buah. Sedangkan ukuran kecil Rp 7.000 sampai Rp 10.000.

Harga relatif lebih murah tersebut, bisa didapatkan jika mengujungi desa tersebut, yang kini sedang ‘banjir’ musim durian.

Hampir semua warga desa yang dihuni suku Dayak Meratus tersebut memiliki pohon durian, dan saat ini sedang musim panen. Sebagian ada yang menjual sendiri ke Pasar Barabai, ada pula yang melalui pedagang pengumpul.

Baca: Pesawat Lion Air Tujuan Banjarmasin Batal Terbang, Satu Penumpangnya Ternyata Ketua IDI Kalsel

Mereka menumpuk buah durian di halaman rumah, dan menjualnya kepada pengujunjung desa maupun pedagang pengumpul. Buah durian yang dijual kebnayakan buah yang sudah matang di pohon, sehingga kualitasnya pun tak diragukan.

“Pekan lalu kami jalan-jalan ke desa Haruyan Dayak, dan borong buah durian, hanya Rp 15 ribu per buah. Rasanya sangat manis, daging buahnya tebal dan bersih tak ada ulat,”ungkap Ayu, warga Barabai penggemar buah durian.

Baca: LIVE STREAMING Bali United vs Persija di Liga 1 2018 - Link Live Streaming Indosiar & Vidio.com

Mulyadi warga lainnya menuturkan, datang langsung saat warga memanen dari pohonnya lebih murah. Hanya saja, lokasinya cukup jauh dan harus mendaki pegunungan yang lumayan melelahkan.

Kepala Desa Haruyan Dayak, yang juga tokoh adat setempat, Suhadi Anang menuturkan, seudah sekitar dua minggu ini, panen buah durian sedang dilakukan warga.

Tiap hari lalu lalang, petani mengangkut hasil panen durian meramaikan jalan desa yang sempit tersebut. Menurut Suhadi selai dipasarkan ke Barabai, hasil penen tersebut juga dipasarkan ke Kaltim.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Arsenal vs Tottenham Hotspurs, Pekan 14 Live Bein Sports 1

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved