KM Gerbang Samudra I Terbakar

VIDEO KM Gerbang Samudra I Terbakar, Sumber Api Diduga dari Dek Tempat Parkir Kendaraan

Insiden terbakarnya KM Gerbang Samudra I di Perairan Karang Jamuang, Minggu (2/2/2018) dini hari mengakibatkan ratusan penumpang dan ABK dievakuasi.

VIDEO KM Gerbang Samudra I Terbakar, Sumber Api Diduga dari Dek Tempat Parkir Kendaraan
dokumentasi tim Basarnas
Basarnas Surabaya saat evakuasi KM Gerbang Samudera I, Minggu (2/12) dini hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Insiden terbakarnya KM Gerbang Samudra I di Perairan Karang Jamuang, Minggu (2/2/2018) dini hari mengakibatkan ratusan penumpang dan ABK dievakuasi.

Api pertama kali muncul dari dek car yang membesar dan menghanguskan sebagian kapal. Saat melihat api muncul di dek car atau tempat parkir kendaraan anak buah kapal berusaha memadamkan api. Namun banyaknya barang yang mudah terbakar membuat api membesar.

Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meralat jumlah penumpang dan ABK Kapal Gerbang Samudra I yang sebelumnya disebut 148 orang menjadi 130 orang. Dari 130 orang tersebut 127 orang berhasil dievakuasi dan 3 orang lainnya dinyatakan hilang.

Kapal penumpang KM Gerbang Samudera I terbakar di sekitar perairan Pulau Karang Jamuang Gresik, Jawa Timur, Minggu (2/11/2018) dini hari. 145 penumpang berhasil dievakuasi, 3 orang hilang.

Baca: UPDATE Musibah Terbakarnya KM Gerbang Samudera I Tujuan Banjarmasin di Perairan Jatim

Kepala Kantor Basarnas Jawa Timur, Budi Prasetyo, dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. "Ada 3 penumpang yang belum ditemukan, 1 nahkoda dan 2 anak buah kapal," katanya, Minggu.

Peristiwa terbakarnya kapal penumpang tujuan Kota Banjarmasin itu diketahui sekitar pukul 02.00 WIB, Minggu dini hari. Kapal diketahui berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak pukul 21.00 WIB.

Sebanyak 145 penumpang yang selamat kata dia, dievakuasi ke KM Kumala yang posisinya tidak jauh dari lokasi kebakaran KM Gerbang Samudera I. "Pagi tadi 145 penumpang sampai di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," sebutnya.

Hingga saat ini, Tim SAR dengan beberapa armada kapal masih melakukan pencarian korban di sekitar lokasi kebakaran kapal. Kapal yang terbakar juga masih dilakukan pembasahan.

"Tim SAR belum bisa masuk ke bangkai kapal karena masih dilakukan pembasahan," ujar dia.

Penumpang yang sudah mendarat di Pelabuhan Tanjung Surabaya sudah didata, dan korban yang mengalami luka sudah dikirim ke Rumah Sakit PHC Tanjung Perak untuk diberi perawatan.

 LINK VODEO

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved