Bumi Sanggam

Forkom dan BNN Balangan Berkomitmen Tekan Angka Pecandu

Forkom dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan terus menjalin komitmen dalam menekan angka pecandu.

Forkom dan BNN Balangan Berkomitmen Tekan Angka Pecandu
Istimewa
Pertemuan Forkom dan BNNK Balangan untuk menjalin komitmen dalam menekan angka pecandu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Bersama Forum Komunikasi Mahasiswa dan Masyarakat (Forkom), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan terus menjalin komitmen dalam menekan angka pecandu.

Dalam pers rilis yang dilakukan BNNK Balangan pada kemarin Rabu (5/12/2018), Kasi Rehabilitasi Arbainsyah mengatakan, bentuk kerja sama yang pihaknya jalankan bersama Forkom Balangan selama ini yaitu dalam hal merekrut para pecandu untuk bersedia direhabilitasi.

“Dengan jalinan kerja sama dengan Forkom ini, maka kita adalah satu-satunya BNN di Kalsel yang bekerja sama dengan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) setempat,” ujarnya.

Lebih lanjut, dukungan yang pihaknya berikan kepada LRKM sendiri yaitu berupa menyediakan anggaran untuk penunjang aktivitas LRKM tersebut, serta pelatihan khusus untuk petugas konselornya.

Sementara itu, Ketua Forkom Balangan, Wahyudi menuturkan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan BNNK Balangan, dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba melalui program rehabilitasi.

“Yang khusus kita tangani adalah pecandu pemula. Sampai saat ini sudah ada 20 pecandu yang berhasil kita rangkul untuk bersedia direhabilitasi sejak tahun 2017 lalu. Kebanyakan anak-anak pelajar,” paparnya.

Strategi yang digunakan yaitu dengan menggaet guru Bimbingan Konseling di sekolah-sekolah. Tahun depan, pihaknya akan mencoba memperluas jangkauan ke para pecandu dari kalangan masyarakat umum.

“Kendala yang kita hadapi biasanya yaitu, para pecandu malu untuk mengaku. Jadi memang diperlukan kesadaran dan pendekatan yang intens terhadap mereka,” pungkasnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved