BFocus Economic

Hotel Budget Bertarif Rp 100 Ribu Lebih Disukai Pedagang

Berbeda dengan hotel berbintang, hotel budget memberikan layanan standar sesuai yang diperlukan oleh tamu, dengan tarif jauh lebih murah.

Hotel Budget Bertarif Rp 100 Ribu Lebih Disukai Pedagang
Banjarmasin post group.co.id
Hotel Raya Rindang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bisnis sektor perhotelan di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin kian ketat. Saat ini makin banyak berdiri hotel-hotel berbintang dengan fasilitas mewah dan lokasi yang strategis di pusat kota, tapi dengan tarif yang cukup mahal.

Meski hotel-hotel berbintang kian banyak, tapi hotel nonbintang atau hotel budget tampaknya masih cukup banyak beroperasi di Banjarmasin. Berbeda dengan hotel berbintang, hotel budget memberikan layanan standar sesuai yang diperlukan oleh tamu, dengan tarif jauh lebih murah.

Sejumlah hotel budget di Banjarmasin berlokasi cukup strategis. Seperti Hotel Pelita, di Jalan Niaga Banjarmasin. Berlokasi cukup strategis dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Pasar Sudimampir, hotel ini menjadi alternatif bagi pedagang atau pebisnis dari luar kota.

Dijelaskan karyawan Hotel Pelita, Gusnawati, kebanyakan konsumen di hotelnya adalah para pedagang. "Kebetulan hotel kami sangat dekat dengan pasar, sekitar 80 persen yang menginap di sini para pedagang atau pekerja," ujarnya.

Menurutnya kebanyakan konsumennya banyak yang berasal dari luar daerah, seperti dari Kalimantan Tengah, Jakarta, dan Pulau Jawa. "Kalau dari Jakarta dan Jawa itu pekerja di sini, seperti sales atau orang kapal, kalau dari Kalteng itu biasanya pedagang yang beli barang dagangannya di sini," jelasnya.

Meski dengan fasilitas yang sederhana, menurutnya konsumen tetap bersedia menggunakan hotelnya. "Karena kebanyakan mereka tidak tahu kapan kerjaan di Banjarmasin selesai, makanya lebih memilih hotel murah," ungkapnya.

Soal tarif yang tersedia, pihaknya menawarkan mulai Rp 70 ribu, Rp 85 ribu, Rp 95 ribu, Rp 110 ribu, hingga Rp 140 ribu per hari, tergantung fasilitas yang dipilih konsumen. "Kamar Rp 70 ribu itu untuk satu orang dengan fasilitas hanya kipas angin, untuk kamar mandi dan WC-nya umum. Untuk harga Rp 85 ribu sampai Rp 110 ribu itu fasilitasnya sama, cuma jumlah tamu penginap yang lebih banyak," terangnya.

Apa saja fasilitas yang ditawarkan hotel-hotel budget ini? Baca beritanya di harian Banjarmasin Post  edisi Selasa (11/12/2018). (*)

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved