Berita Kabupaten Banjar

Setelah Pengusaha Kafe Jateng, Kopi Aranio Dilirik Perguruan Tinggi Ini

Paling tidak ada satu perguruan tinggi di Kota Banjarmasin yang ingin membantu pengembangan Kopi Aranio yakni Universitas Islam Kalimantan (Uniska).

Setelah Pengusaha Kafe Jateng, Kopi Aranio Dilirik Perguruan Tinggi Ini
Ist/Bumdes
Kopi Aranio dalam kemasan dan seduhan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -Pelan tapi pasti pamor Kopi Aranio moncer. Setelah sebelumnya pengusaha kafe kopi di Magelang, Jawa Tengah, melirik kopi khas Kabupaten Banjar ini, sekarang giliran kalangan perguruan tinggi di Kalimantan Selatan yang tertarik mengembangkannya.

Saat ini, paling tidak ada satu perguruan tinggi di Kota Banjarmasin yang ingin membantu pengembangan Kopi Aranio yakni Universitas Islam Kalimantan (Uniska).

"Kami kebetulan saat ini juga sedang merintis usaha pengelolaan kopi dalam upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa," ucap Rakhmat Nopliardi, dosen Uniska, Senin (10/12/2018).

Ia menuturkan usaha kopi di kampusnya ditangani oleh UPT Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis. Dirinya termasuk salah satu inisiator pengembangan usaha pengolahan kopi tersebut. Bahkan pada pekan ketiga Desember ini kedai kopi akan dibuka di Galeri Uniska, menyediakan kopi robusta asli siap seduh.

Baca: Sejak Berproduksi Lima Bulan Lalu, Segini Serapan Kopi Aranio di Pasaran

Baca: Hanya Jadi Sumber Sampingan, Pamor Kopi Aranio Mulai Menguat di Dunia Perkopian Tanah Air

Dikatakannya, pengembangan kegiatan usaha kopi itu juga memunculkan inspirasi dosen Uniska untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Insha Allah 2019 nanti UPT Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis, Uniska, akan melakukan pembinaan dan bimbingan kepada petani kopi di Kabupaten Banjar," sebutnya.

Pembinaan tersebut bukan hanya terkait teknis budidaya tanaman kopi sertacara mengolah biji kopi pascapanen. Lebih dari itu juga akan bekerjasama dalam hal pemasaran produksi kopi yang dihasilkan.

Ia mengaku telah menghubungi Pak Arianto, perajin Kopi Aranio di Desa Tiwinganbaru, Kecamatan Aranio. "Insha Allah akhir Desember ini kami sudah merencanakan untuk survei ke lokasi di Tiwinganbaru," ucap Nopliardi. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved