B Focus Banua Anam

Bangun Pasar Agrobisnis Modern, Pemkab HST Punya Tujuan Besar ini

HST sendiri merupakan kabupaten yang memfokuskan pembangunan pada sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perdagangan

Bangun Pasar Agrobisnis Modern, Pemkab HST Punya Tujuan Besar ini
BPost Cetak
BFocus Cetak rabu (12/12/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - HST sendiri merupakan kabupaten yang memfokuskan pembangunan pada sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perdagangan, meski juga memiliki potensi tambang batu bara.

Tiap hari, ratusan ton buah dan sayur dipasok ke Pasar Agrobisnis, baik untuk konsumsi masyarakat HST maupun daerah lain.

Kepala Dinas Perdagangan HST, HM Yuserani menyatakan, pertumbuhan sektor agrobisnis di Bumi Murakata terus berkembang dan meningkat.

Hal tersebut terlihat makin bertambahnya jumlah pedagang maupun pemasok serta meningkatnya transaksi jual beli, dari yang dulu hanya dini hari sampai subuh, kini menjadi pasar 24 jam.

Baca: Digosipkan Dekat dengan Faisal Nasimuddin, Luna Maya Masih Simpan barang dari Mantan

Baca: 20 Akun Sosial Media Dilaporkan Ussy Sulistiawaty ke Polisi, Lakukan Bully ke Anak Ussy-Andhika?

Baca: Sudah Move On dari Reino Barack, Luna Maya: Sekarang Ada yang Mau Menghibur, Faisal Nasimuddin?

Baca: Bincang-bincang Mata Najwa dengan keluarga Jokowi, Lihat Imutnya Jan Ethes Digendong Najwa Shihab

“Melihat potensi sektor agrobisnis yang terus berkembang inilah, Bupati HST membangun Pasar Agrobisnis yang selesai dibangun pada September 2018,” kata Yuserani.

Pasar tradisional berkonsep modern, tersebut, menghabiskan dana APBD HST sebesar Rp 38 miliar lebih.

Pasar Agrobisnis berlokasi di belakang eks terminal Keramat Barabai dengan kondisi becek, kehujanan dan kepanasan karena tempatnya tak refresentatif.

“Dengan dibangunnya eks terminal Keramat menjadi pusat agrobisni modern, diharapkan omset pedagang makin bertambah karena fasilitas yang sudah layak,” kata Yuserani.

Lepas dari pro kontra pedagang saat pemindahan yang cukup alot, menurut Yuserani, Pemkab HST punya tujuan besar, yaitu menjadikan Bumi Murakata sebagai pusat agrobisnis di Banua Anam. Atau bahkan ke depannya se-Kalsel.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved