Melihat Wisata Religi Datu Pamulutan

Fasilitas Penunjang Peziarah Dibiarkan, Kalau Malam Gelap Gulita, Ini yang Dilakukan Juru Kunci

Peziarah yang berkunjung di Makam Datu Pemulutan di Kabupaten Tanahlaut perlu menyiapkan baterai cadangan jika ingin terus berkomunikasi.

Fasilitas Penunjang Peziarah Dibiarkan, Kalau Malam Gelap Gulita, Ini yang Dilakukan Juru Kunci
mukhtar wahid
Makam Datu Pemulutan di Kabupaten Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Peziarah yang berkunjung di Makam Datu Pemulutan di Kabupaten Tanahlaut perlu menyiapkan baterai cadangan jika ingin terus berkomunikasi.

Tak hanya itu, perlu menyiapkan persediaan air bersih beberapa jireken jika ingin menginap di komplek makam keramat Datu Pamulutan.

Bilik untuk menginap sudah disiapkan, musala dan kamar mandi disediakan untuk pengunjung.

Cuma penerangan tenaga surya di kawasan itu tidak berfungsi. Jika malam gelap gulita. Alasan juru kunci kubah Datu Pemulutan sudah berulang kali menghubungi teknisi tidak menghiraukan.

Baca: Begini Asal Cerita Gelar Datu Pemulutan, Berdakwah Ajaran Agama Islam

Baca: Syahrini Dikabarkan Lamaran, Luna Maya Tuliskan Perpisahan, Kemanakah Reino Barack?

"Saya sudah beberapa kali menghubungi teknisi yang memasang lampu tenaga surya. Tapi tidak pernah datang memperbaiki," kata Musa, juru kunci kubah Datu Pemulutan kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Menurut Musa, tidak hanya penerangan. Dampak lainnya, air di tandon penampungan tidak terisi sehingga pengunjung kesulitan buang air dan wudhu.

Peziarah terpaksa memanfaatkan air laut untuk wudhu dan buang air. Mesin pompa air untuk menarik air dari sumur ke tandon penampung tak berfungsi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahlaut, Abdillah dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (15/12/2018) berjanji akan mengecek sarana dan prasarana di makam Datu Pamulutan.

Menurutnya, saat ini sudah ada petugas yang ditunjuk untuk mengelola kebersihan makam keramat Datu Pamulutan agar membuat nyaman pengunjung.

Sarana prasarana, penerangan, kamar mandi, toilet dan tandon penampungan air sudah disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

"Cuma anggaran untuk pemeliharaan fasilitas sarana dan prasarana penerangan itu memang belum dianggarkan," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved