Keunikan Bulu Perindu

Kisah Pria Banjarmasin yang Memiliki Ratusan Bulu Perindu, Cara Dapat dan Tradisi yang Dijaganya

Kisah Pria Banjarmasin yang Memiliki Ratusan Bulu Perindu, Cara Dapat dan Tradisi yang Dijaganya

Kisah Pria Banjarmasin yang Memiliki Ratusan Bulu Perindu, Cara Dapat dan Tradisi yang Dijaganya
banjarmasin post group/ ahmad rizky abdul Ghani
Minyak Buluh Perindu dikemas dalam botolan kecil 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bila beberapa orang banyak yang memburu Bulu Perindu atau alat pelet dengan bersusah payah, Erwan, warga Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah Kalsel justru sebaliknya.

Bagaimana tidak, saat berbincang tentang tentang ilmu pelet dengan Banjarmasinpost.co.id, ia ternyata telah memilikinya dengan jumlah yang berlimpah.

Sedikitnya ada tujuh kantong atau plastik klip yang masing-masing berisi 15 bilah lebih Bulu Perindu di dalamnya, ia perlihatkan kepada Banjarmasinpost.co.id, baru tadi.

"Banyak. Ini saja lima kantong. Dua kantong lagi saya tinggal di rumah. Rata-rata perkantong, isinya ada sekitar 15-an lebih bilah Bulu Perindu," katanya.

Disinggung darimana asal usul benda yang diyakini memiliki keistimewaan untuk memelet lawan jenis itu, Erwan mengaku semula ia dapatkan dari seorang pria bersuku dayak di pedalaman Kalimantan Tengah.

Baca: Manajemen Persib Bandung Bidik Luis Milla? Diplot Jadi Pengganti Ideal Mario Gomes Usai Liga 1 2018

Baca: Perseteruan Hotman Paris vs Hilda Vitria Meruncing, Billy Syahputra & Kriss Hatta? Ini Faktanya

Baca: Prediksi Susunan Pemain Liverpool vs Manchester United Liga Inggris Minggu (15/12), Mo Salah Main

Baca: Akhirnya Denny Sumargo dan Dita Soedarjo Bertemu Pasca Batal Menikah, Sempat Adu Argumen?

"Bulu ini, kan awalnya berasal dari sarang elang yang berada di tempat yang tinggi. Kemudian sarang tersebut jatuh ke sungai berarus. Tapi bedanya, bulu tersebut dinyatakan istimewa apabila melawan atau tidak hanyut di air berarus," jelas Erwan.

Lebih lanjut, menurut Erwan manfaat Bulu Perindu sebetulnya memiliki filosofi yang sesuai sifatnya bergerak lurus. Artinya di sini, siapa pun yang memegang atau memakai minyak dari bulu tersebut, niatnya akan lurus atau kabul

Namun bukan orang, sembarang orang yang mampu meminta benda tersebut, melainkan Erwan telah merajut serta memiliki hubungan dekat bak saudara angkat dengan pria tersebut.

"Kalau beli sih, ya tidak. Karena memang tidak boleh. Tapi bahasa tepatnya, barang ini berpindah ke saya melalui yang namanya mahar. Waktu itu, untuk tujuh kantong Bulu Perindu ini saya mahar hanya Rp 200 ribu," cerita Erwan.

Hanya saja tambah Erwan, meski dirinya memiliki Bulu Perindu yang berlimpah, namun tidak bisa serta merta ia pun bisa menjual atau memberikannya ke orang lain.

Baca: Anda Ingin Koleksi Bulu Perindu? Ini Pantangan Bagi Pemilik Minyak Maupun Bulu Perindu

Baca: Salah satu Keistimewaan Bulu Perindu, Bisa Lakukan Pelet Jarak Jauh?

Pasalnya, manfaat Bulu Perindu tidak akan bereaksi apabila keluar dari batas perjanjian atau akad pemilik pertama ke dirinya.

"Karena dari awalkan, ada semacam akad. Jadi kalau akad tersebut, hanya diserahkan dan diamanahkan ke saya, tidak bisa saya pun serta merta menyerahkan ke orang lain," ujarnya.

Berbeda dengan penggunaan minyak Bulu Perindu, tambah Erwan, hal tersebut masih bisa ia berikan ke orang lain. Namun dengan satu syarat penggunanya pun hanya berpaku pada satu niat dan orang tersebut.

"Seperti A misalnya, niat dan nama serta binnya siapa, baru minyak ini saya serahkan ke dia. Kalau ke depan minyak tersebut digunakan oleh orang lain, ya tidak bereaksi karena tidak sesuai 'mamangan' (bacaan)," jelasnya.

(banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani) 

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved