Bumi Sanggam

Diskominfo Balangan Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa SLTA

Diskominfo Balangan kembali mengadakan pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA 2 Paringin di Sekretariat PWI Balangan, kemarin Rabu (12/12/2018).

Diskominfo Balangan Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa SLTA
HO/Diskominfo Balangan
Diskominfo Balangan kembali mengadakan pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA 2 Paringin di Sekretariat PWI Balangan, kemarin Rabu (12/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Setelah menggelar pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA di SMA 2 Juai, SMK Batumandi dan MAN Darussalam Awayan, Diskominfo Balangan kembali mengadakan pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA 2 Paringin di Sekretariat PWI Balangan, kemarin Rabu (12/12/2018).

Kepala Diskominfo Balangan, Gunawan yang diwakili Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Enggo Widodo mengatakan, seperti sebelumnya tujuan pelatihan ini menyasar ke anak-anak SMA yang sedang dalam usia transisi dan sedang semangat-semangatnya menciptakan sebuah karya termasuk tulisan jurnalistik.

"Rata-rata mereka juga sudah memegang smartphone, jadi sekalian saja kami jadikan semacam jejaring untuk memberikan informasi seputar Kabupaten Balangan yang mungkin luput dari jangkauan media center Balangan," katanya.

Enggo menambahkan selain bisa membuat karya jurnalistik, dengan adanya pelatihan ini siswa juga diharapkan bisa membedakan berita fakta dan berita bohong (hoaks).

"Jadi kedepan para peserta bisa meminimalisir peredaran berita hoaks karena mereka sudah memfilternya terlebih dahulu," tandasnya.

Terpisah Riska, salah satu peserta mengaku sangat antusias karena mendapatkan ilmu baru setelah mengikuti pelatihan jurnalistik ini.

"Saya jadi tahu prinsip penulisan artikel jurnalistik dan juga punya bayangan kemana hobi menulis saya ini disalurkan. Apalagi katanya tadi setiap tulisan yang dikirim ke media center dan dimuat di website infopublik.id akan ada penghargaan. Lumayan untuk beli paket data. Hehehe," ujarnya.

Pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA ini diisi oleh narasumber wartawan yang jadi anggota PWI Balangan, Ahmad Junaidi, Fahri Rahman dan Zaki Mubarak. Selain teori-teori tentang penulisan jurnalistik, juga ada sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Kemudian ada praktek pembuatan karya jurnalistik dimana terbaik 1-3 mendapatkan penghargaan khusus dari panitia. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved