Berita Kabupaten Banjar

Naik Motor Trail, Kapolres Banjar Tinjau Rute Distribusi Logistik Pemilu ke TPS Terjauh di Paramasan

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete bersama jajaran tiba di Paramasan pukul 10.00 wita, langsung melakukan pengecekan di TPS terjauh.

Naik Motor Trail, Kapolres Banjar Tinjau Rute Distribusi Logistik Pemilu ke TPS Terjauh di Paramasan
HO/Polsek Belimbing
Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete bersama jajaran melakukan pengecekan di tempat pemungutan suara di Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Mengendarai sepeda motor trail, Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete bersama jajaran didampingi Kapolsek Belimbing, Ipda Andre PW meninjau jalur distribusi logistik Pemilu 2019 di daerah Paramasan. Perjalanan sejak pagi hari dan setibanya kembali ke Polres Banjar pada Sabtu (22/12) malam.

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete bersama jajaran tiba di Paramasan pukul 10.00 wita, langsung melakukan pengecekan di tempat pemungutan suara terjauh dan sekaligus mengecek permasalahan dan kendala dalam Pemilu 2019 dari aspek keamanan di wilayah Kecamatan Paramasan.

Rute dalam kegiatan tersebut yakni Desa Sumberbaru, Desa Sumberharapan, Desa Rantaubakula, Desa Belimbingbaru, Desa Angkipih, Desa Paramasanbawah, Desa Remo dan Desa Paramasanatas.

Kapolres Banjar melakukan tatap muka dengan para tokoh masyarakat, anggota PPS Desa Angkipih, ketua PPK dan ketua panwas kecamatan Paramasan serta tokoh adat dayak Paramasan, pambakal Desa Paramasanbawah.

Baca: Daftar Artis yang Jadi Korban Tsunami Banten dan Tsunami Lampung, Seventeen Hingga Aa Jimmy

Baca: Tsunami Banten dan Lampung Terjadi, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Soal Gempa dan Tsunami

Baca: Tak Hanya Seveteen, Grup Band Jamrud Juga Kena Musibah Tsunami Banten, Begini Kondisi Vokalisnya

Disaksikan Kapolres, mereka bersama-sama mendeklarasikan pemilu 2018 yang aman, damai dan sejuk. Kegiatan selesai pada pulul 21.00 wita, dan rombongan Kapolres langsung menuju Martapura.

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete melalui Kapolsek Belimbing, Ipda Andre PW mengatakan, pengecekan jalur distribusi logistik pemilu ini demi suksesnya pesta demokrasi di kawasan pelosok, seperti di Kecamatan Paramasan ini. Respon masyarakat dan para tokoh adat menyambut baik kedatangan Kapolres Banjar beserta rombongan.

“Mengecek demi suksesnya pemilu 2019, karena rute atau medan yang dilalui untuk mendistribusikan logistik pemilu cukup berat. Dengan pengecekan ini bisa mengetahui titik-titik rawan dan bisa cepat ditanggulangi,” kata Andre, Minggu (23/12).

Sejumlah logistik pelaksanaan Pilpres dan Pileg April 2019 sudah tiba di Kantor KPU Kabupaten Banjar, di Jalan H Anang Sya'rani Martapura Timur Kabupaten Banjar. Diantaranya bilik suara, kotak suara, sampul, kabel tis dan perlengkapan tempat pemungutan suara (TPS). Bawaslu Kabupaten Banjar mengingatkan agar KPU Banjar selalu cek dan ricek logistik agar sesuai dengan yang diperlukan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fazeri Tamzidillah mengatakan, semua logistik yang datang ke kantor KPU Kabupaten Banjar agar selalu dicek dan ricek. Tidak hanya sesuai dengan apa yang diperlukan, tetapi juga jumlahnya harus sesuai dan dalam kondisi baik serta siap pakai.

"Jika masih ada kekurangan atau logistik yang datang ada kerusakan, maka segera laporkan supaya dapat dipenuhi sebagaimana yang diperlukan," ucap Ketua Bawaslu Banjar, Fazeri.

Dia juga mengatakan, untuk distribusi logistik memang bertahap sampai nanti menjelang pemilu 2019. Jadi masih ada waktu selama tiga bulan lebih lagi waktu pendistribusiannya, sehingga sedari sekaranglah mengecek kesiapan logistik yang akan didistribusikan.

Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin mengatakan, pihaknya dalam mendistribusikan logistik pelaksanaan pileg dan pilpres mengacu pada PKPU Nomor 32 tahun 2018. Pihaknya pun sudah siap mendistribusikan logistik yang ada untuk kesuksesan pileg dan pilpres di 1.831 TPS di Kabupaten Banjar, jumlah TPS itu belum termasuk penjara dan rumah sakit.

Baca: 5 Fakta Baru Tsunami Banten dan Tsunami Lampung, Jumlah Korban Hingga Gunung Anak Krakatau

Baca: Setinggi 40 Meter! Tsunami Banten dan Tsunami Lampung Akibat Gunung Krakatau Terjadi pada 1883

Baca: Video Band Seventeen Disapu Ombak Tsunami Banten Beredar, Teriak Ifan Seventeen Terdengar

"Kesiapan tidak ada masalah, sampai saat ini logistik semua terkondisikan di gudang kami Jalan Menteri 4 Martapura dalam kondisi dijaga 24 jam sejak 25 oktober 2018 oleh Polres Banjar. Kami juga selalu berkoordinasi dengan Bawaslu dan Polres Banjar dalam setiap logistik datang," katanya.

Dia juga mengatakan, pendistribusian kira-kira dua minggu sebelum pemilu digelar. Pihaknya berharap semoga logistik tidak ada masalah, baik kuantitas atau kualitas. Serta yang lebih penting menurut Muhaimi pada saat pendistribusian tidak ada.masalah yang berarti seperti karena hujan atau cuaca atau karena geografis di Kabupaten Banjar.

Sedangkan untuk TPS-TPS yang ada di desa terpencil seperti Paramasan pihaknya tetap mendistribusikan. Distribusi melalui KPU Kabupaten Banjar kemudian mendistribusikan ke kecamatan melalui PPK dan selanjutnya meluruskan ke lokasi, karena.merekalah yang lebih menguasai medan atau kondisi geografis di daerahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved