Kalselpedia

Kalselpedia : Inilah Demografis Kota Banjarmasin dan 5 Wisata Religi di Ibukota Provinsi Kalsel

Kalselpedia : Inilah Demografis Kota Banjarmasin dan 5 Wisata Religi di Ibukota Provinsi Kalsel

Kalselpedia : Inilah Demografis Kota Banjarmasin dan 5 Wisata Religi di Ibukota Provinsi Kalsel
apunk
Suasana Festival Pasar Terapung Lokbaintan 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KALSELPEDIA : Kota Banjarmasin adalah ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin yang dijuluki kota seribu sungai ini memiliki wilayah seluas 98,46 km2 yang luas wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Intan dan lain-lain.

Berdasarkan data BPS Kota Banjarmasin tahun 2016 Banjarmasin memiliki penduduk sebanyak 675.440 jiwa dengan kepadatan 9.381 jiwa per km2.

Wilayah metropolitan Banjarmasin adalah Banjarbakula permukaan laut dan hampir seluruh wilayah digenangi air pada saat pasang kota Banjarmasin berlokasi daerah Kuala sungai Martapura yang bermuara pada sisi timur Sungai Barito

Letak Kota Banjarmasin nyaris di tengah-tengah Indonesia kota ini terletak di tepian timur Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura yang berhulu di pegunungan Meratus.

Kota Banjarmasin dipengaruhi oleh pasang surut air Laut Jawa sehingga berpengaruh kepada drainase kota dan memberi ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakat terutama pemanfaatan Sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air pariwisata perikanan dan perdagangan.

Banjarmasin juga adalah kota religius, oleh karena itu pula hampir di setiap Jalan atau pun gang-gang serta di perumahan masyarat banyak sekali kita jumpai masjid-masjid yang berdiri dengan megahnya.

Namun di samping itu, Banjarmasin sebagai kota religi ternyata juga memiliki banyak sekali objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Maka bagi siapa saja yang menyukai berwisata sambil beribadah, Banjarmasin adalah destinasi wisata Kalsel yang cocok untuk didatangi.

1. Makam Sultan Suriansyah

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, berserta Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Banjarmasin melakukan ziarah ke makam Sultan Suriansyah di Jalan Pengerah Kelurahan Kuin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Jumat (21/9/2018).
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, berserta Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Banjarmasin melakukan ziarah ke makam Sultan Suriansyah di Jalan Pengerah Kelurahan Kuin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Jumat (21/9/2018). (banjarmasin post group/ eka pertiwi)

Komplek makam Sultan Suriansyah berlokasi di kelurahan Kuin Utara kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Bangunan situs benda cagar budaya tidak bergerak dengan ukuran luas bangunan 305,5 M2 di dalam komplek pemakaman inilah Sultan Suriansyah beserta ratunya dimakamkan secara berdampingan.

Halaman
123
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved