Berita Tanahlaut

Wakil Bupati Sidak Disdukcapil Tanahlaut, Ternyata Bertemu Teman Sekampung yang Lagi Antre

Wakil Bupati Tanahlaut Abdirahman melakukan sidak ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Tanahlaut di Jalan Datu Daim, Kelurahan Pelaihari

Wakil Bupati Sidak Disdukcapil Tanahlaut, Ternyata Bertemu Teman Sekampung yang Lagi Antre
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Wakil Bupati Tanahlaut Abdirahman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut di Jalan Datu Daim, Kelurahan Pelaihari, Kecamatan Pelaihari, Jumat (28/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Wakil Bupati Tanahlaut Abdirahman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut di Jalan Datu Daim, Kelurahan Pelaihari, Kecamatan Pelaihari, Jumat (28/12/2018).

Mengenakan pakaian olahraga, Abdirahman didampingi ajudannya melakukan monitoring dan pengecekan di ruang antrean dan berdialog dengan pemohon KTP elektronik.

Satu pemohon berusia 18 tahun mengaku dari Desa Ranggang Kecamatan Takisung, tidak mengenali Abdirahman yang justru asli warga Desa Ranggang.

Pemohon itu mengaku sudah satu pekan lalu melakukan perekaman KTP elektronik dan hari itu menunggu antrean untuk mengambil bangko KTP elektroniknya.

Baca: Dewi Perssik Ngaku Kena Pelet dan Guna-guna Sampai Mukanya Gosong, Ini Sosok Penyembuhnya

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut, Hj Norhayati mengaku blanko KTP elektronik dari Pemerintah Pusat dan jika mengambil ke Jakarta, dibatasi hanya sebanyak 500 lembar.

Norhayati mengaku keterbatasan alat perekaman KTP elektronik dan keterbatasan personel yang mampu mengoperasional peralatan cetak KTP elektronik.

Baca: BREAKING NEWS - Akhirnya Mbah Putih Ditangkap Satgas Antimafia Bola, Susul Mbah Pri & Johar Lin Eng

"Memang kalau perekaman tidak sampai hari di setiap desa. Cetaknya harus diambil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut," katanya.

Meski dengan keterbatasan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut sudah melakukam upaya menyambangi warga atau pelayanan langsung administrasi kependudukan di setiap desa di wilayah Kabupaten Tanahlaut secara bergiliran.

"Saat ini warga Tanahlaut yang berhak sudah 95 persen melakukan perekaman KTP elektronik. Keterbatasan gedung pelayanan, personel dan ruang arsip kependudukan kendalanya," ujarnya.

Baca: Johar Lin, Mbah Pri, Mbah Putih & Tika Dibekuk Satgas Mafia Bola, Mungkinkan Sosok Ini Berikutnya?

Wakil Bupati Tanahlaut Abdirahman, menyampaikan permohonan maaf atas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut yang harus berminggu-minggu.

Itu diakuinya karena keterbatasan sarana prasarana, personel dan perlengkapan sehingga pelayanan administrasi kependudukan sedikit terganggu.

Abdirahman mengaku bersama Bupati Tanahlaut Sukamta dalam tahun kedua ini akan memprioritaskan pembangunan pelayanan kependudukan dan pelayanan kesehatan atau rumah sakit.

"Gedung pelayanan kependudukan ini akan kita bangun. Dua lokasi di dekat kantor Bupati Tanahlaut atau disamping kantor Disdukcapil Tanahlaut ini ada gedung sekolah dasar yang siswanya semakin sedikit," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved