Berita Tanahlaut

Malam Tahun Baru 2019, LDII Tanahlaut adakan Pengajian Semalam Suntuk

Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Tanah Laut mengadakan pengajian muda-mudi di malam tahun baru 2019.

Malam Tahun Baru 2019, LDII Tanahlaut adakan Pengajian Semalam Suntuk
istimewa/ Dok DPD LDII Tanahlaut
Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Tanahlaut mengadakan pengajian muda-mudi di malam akhir tahun 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Tanah Laut mengadakan pengajian muda-mudi di malam tahun baru 2019.

Pengajian Semalam Suntuk diadakan serentak di tiga tempat sekaligus, yaitu di Pimpinan Cabang (PC) LDII Kecamatan Pelaihari, PC LDII Kecamatan Bajuin, dan PC LDII Kecamatan Kintap. Kegiatan dilaksanakan di halaman masjid dan di halaman musholla.

Total peserta sekitar 400 remaja dan muda-mudi. Pengajian Semalam Suntuk ini rutin diadakan oleh DPD LDII Tanah Laut.

Ketua DPD LDII Tanah Laut, Anton Kuswoyo, mengatakan bahwa tujuan utama diadakan pengajian semalam suntuk di akhir tahun adalah untuk menghindari aktivitas yang tidak bermanfaat di malam malam tahun baru, seperti hura-hura di jalanan, menyalakan petasan, pesta pora, dll. Sebaliknya, di malam pergantian tahun justru harus diisi dengan kegiatan positif yang lebih bermanfaat.

Baca: Link Pengumuman Hasil Akhir CPNS 2018 Kemensetneg, Cek Syarat Peserta Lolos Tak via sscn.bkn.go.id

Baca: Reaksi Sandiaga Uno Soal Tes Baca Al Quran untuk Jokowi & Prabowo Jelang Pilpres 2019

Baca: Cara Wudhu Sandiaga Uno saat Kampanye Pilpres 2019 Dikomentari Mahfud MD, Netizen Gaduh

Baca: Adik Gus Dur Buka-bukaan Soal Dukungan NU ke Prabowo Maupun Jokowi di Pilpres 2019

Materi pengajian berupa kajian ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadist tentang budi pekerti, berbakti kepada kedua orang tua, dan penjagaan diri dari pengaruh kerusakan zaman akhir.

Sementara bagi anak-anak usia PAUD hingga SD mengikuti kegiatan Festival Anak Sholih (FAS) yang diadakan siang hari hingga malam akhir tahun.

Acara FAS juga sebagai bentuk upaya DPD LDII Tanah Laut membentuk generasi islami yang nantinya bisa menjadi warga negara yang baik. Memiliki ilmu agama, berakhlkul karimah, dan mandiri.

"Dengan diadakannya acara FAS dan pengajian semalam suntuk, maka generasi muda akan terhindar dari kegiatan yang tidak bermanfaat di malam akhir tahun. Sebaliknya, generasi muda dibiasakan sejak dini untuk mencintai ilmu agama, mempelajari ilmu agama, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Hal ini selaras dengan imbauan Bupati Tanah Laut, bahwa di malam tahun baru agar diisi dengan kegiatan yang positif dan menghindari kegiatan yang hura-hura.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved