Berita HSS

Bupati Achmad Fikry Letakkan Karangan Bunga, Kenang Pertempuran 2 Januari 1949 di Wilayah Nagara

Kegiatan memperingati pertempuran 2 Januari digelar di halaman Pasar Hamayung Jalan Tugu 2 Januari 1949 Kecamatan Daha Utara.

Bupati Achmad Fikry Letakkan Karangan Bunga, Kenang Pertempuran 2 Januari 1949 di Wilayah Nagara
HO/Kominfo HSS
Bupati HSS meletakkan karangan bunga di Tugu 2 Januari di Kandangan HSS. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Pertempuran 2 Januari 1949 di wilayah Nagara kembali dikenang oleh masyarakat Nagara.

Wilayah Nagara saat ini terdiri atas tiga wilayah kecamatan yakni Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara yang masuk dalam wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Rabu, (2/1/2019) jajaran Pemerintah Kabupaten HSS dan warga dari tiga daha memperingati peristiwa pertempuran itu.

Kegiatan memperingati pertempuran 2 Januari digelar di halaman Pasar Hamayung Jalan Tugu 2 Januari 1949 Kecamatan Daha Utara. Giat langsung dipimpin Bupati HSS H Achmad Fikry.

Drama teatrikal sejarah perjuangan masyarakat Nagara atau disebut peringatan Palagan Nagara yang berperang melawan para penjajah dalam merebut kemerdekaan juga ditampilkan.

Baca: Maia Estianty Jodohkan Dul Jaelani dengan Aaliyah Massaid, Putri Adjie Massaid dan Reza Artamevia

Baca: Jawaban Dul Jaelani yang Dijodohkan Maia Estianty dengan Aaliyah Massaid, Reaksi Irwan Mussry?

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan pertempuran 2 Januari 1949 di wilayah Nagara selalu dikenang dan setiap tahun selalu diperingati.

"Semoga dapat membangun kesadaran bersama bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal utama. Untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Fikry berharap, melalui peringatan yang dilaksanakan dapat menjadi renungkan dan penghayatan arti sebuah perjuangan dan pengorbanan.

Sehingga menjadi inspirasi untuk turut berperan aktif dalam pembangunan sesuai dengan peran, fungsi dan kewenangan masing-masing.

Pada kesempatan itu, Fikry juga menyerahkan bantuan kepada para pejuang veteran atau keluarga veteran.
Bupati beserta pejabat lainnya juga melakukan peninjau Tugu 2 Januari dan melakukan peletakan karangan bunga. (banjarmasinpos.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved