Kalselpedia

Kalselpedia : Rumah Kreativitas Tunanetra Banua di PSBN Fajar Harapan, UPT Dinsos Provinsi Kalsel

Kalselpedia : Rumah Kreativitas Tunanetra Banua di PSBN Fajar Harapan, UPT Dinsos Provinsi Kalsel

Kalselpedia : Rumah Kreativitas Tunanetra Banua di PSBN Fajar Harapan, UPT Dinsos Provinsi Kalsel
banjarmasin post group/ idda royani
Gedung PSBN Fajar Harapan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan. Panti ini beroperasional sejak tanggal 3 Januari 1962. 

Peran dan fungsi PSBN Fajar Harapan adalah menyelenggarakan pelayanan dan rehabilitasi atau pembinaan bagi para penyandang cacat netra (buta). Di tempat ini mereka dibina menuju kemandirian dan kesetaraan.

Warga binaan di PSBN Fajar Hatapan berusia 7 tahun hingga 35 tahun. Semuanya menjalani penempaan kreativitas dengan sistem diasramakan sehingga seluruh kegiatan bisa dilakukan lebih intens dan maksimal.

Kapasitas tampung PSBN Fajar Harapan sebanyak 70 klien, baik laki-laki maupun perempuan. Kapasitas ini saat ini telah terpenuhi sehingga sementara waktu tak bisa menampung klien baru.

Jika ada permohonan dari keluarga penyandang tunanetra, maka diarahkan ke panti sosial lainnya yang kapasitasnya masih mampu menampung.

Saat ini PSBN Fajar Harapan dikepalai Fahruddin. Dalam menjalankan tugasnya membina dan mengayomi anak-anak asuhnya (klien), ia dibantu 30 orang bawahan berstatus aparatur sipil negara (ASN) atau PNS  dan sepuluh orang staf non-ASN.

BERKARYA - Sejumlah penyandang disabilitas di PSBN Fajar Harapan, latihan bermusik. Selain ditempa keterampilan tangan, mereka juga difasilitasi menyalurkan bakat.
BERKARYA - Sejumlah penyandang disabilitas di PSBN Fajar Harapan, latihan bermusik. Selain ditempa keterampilan tangan, mereka juga difasilitasi menyalurkan bakat. (ist)

Visi dan Misi

Visi keberadaan PSBN Fajar Harapan yakni terwujudnya pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang cacat netra agar mereka terampil dan percaya diri.

Sedangkan misinya yakni memulihkan dan meningkatkan rasa harga diri, percaya diri, kecintaan kerja, dan kesadaran serta tanggung jawab terhadap masa depannya.

Meningkatkan sumber daya penyandang tunanetra, meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab bagi penyandang tunanetra untuk ikut berperan serta dalam proses pembangunan nasional.

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved