Berita Kabupaten Banjar

Jangan Lupa Kontes Durian 22 Januari di Danau Tamiyang Mandikapau, Ingin Ikut, Ini Syaratnya

Panitia Kontes Durian bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Banjar menyiapkan pelaksanaan Kontes Durian pada 22 Januari 2019.

Jangan Lupa Kontes Durian 22 Januari di Danau Tamiyang Mandikapau, Ingin Ikut, Ini Syaratnya
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Durian terbaik saat dilombakan dalam kontes durian seKabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Panitia Kontes Durian bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Banjar menyiapkan pelaksanaan Kontes Durian pada 22 Januari 2019 mendatang. Kontes Durian digelar di obyek wisata Danau Tamiyang Desa Mandikapau Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, M Fachry menyebutkan syarat mengikuti Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar. Yakni belum pernah menjadi juara pada kontes sebelumnya, peserta dan pohon durian berada dalam wilayah Kabupaten Banjar, mendaftar paling lambat dua hari sebelum kontes, menyerahkan tiga buah durian dari varietas yang didaftarkan dan berukuran realtif sama pada saat kontes paling lambat pukul 09.00 wita di lokasi kontes.

“Hadiah yang kami sediakan berupa uang pembinaan, trofi dan piagam serta didaftarkan sebagai varietas unggul. Ini kami bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar serta Kepala Desa Mandikapaubarat, Pak Abdul Basit,” katanya, Kamis (3/1/2019).

M Fachry menjelaskan, Kabupaten Banjar merupakan kabupaten sentra produksi durian terbesar di Kalsel, tercatat ada enam kecamatan sebagai sentra produksi durian yakni Karangintan, Aranio, Pengaron, Sungaipinang, Sambungmakmur dan Simpangempat. Pada 22 Januari 2019, digelar kontes durian dan Gelar Buah Eksotik di obyek wisata Danau Tamiyang Desa Mandikapau Barat Karangintan Kabupaten Banjar.

Baca: 22 Januari Kontes Durian di Danau Tamiyang Kabupaten Banjar, Ayo Jangan Lewatkan!

Baca: Respons Maia Estianty Tentang Karma yang Sedang Bersama Irwan Mussry Al El Dul, Sindir Ahmad Dhani?

Terlebih saat ini sedang musim panen hingga sekitar Februari 2019 mendatang. Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar digelar 22 Januari 2019 di Danau Tamiyang Desa Mandikapaubarat Kecamatan Karang Intan.

Kegiatan ini dalam rangka upaya mencari varietas durian unggul lokal yang mungkin selanjutnya dapat didaftarkan ke Kementerian Pertanian dan sekaligus menjadi varietes unggul baru, menyusul beberapa varietes yang sudah menjadi varietes unggul nasional seperti Si Japang, Si Hijau dan Si Dodol.

M Fachry juga mengatakan, Kabupaten Banjar sudah ada Agrowisata Durian di Desa Bi'ih Kecamatan Karangintan yang tahun lalu sudah dicanangkan oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman dan juga disaksikan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor pada saat kontes durian tahun lalu.

“Jika ingin makan durian dengan sensasi beda datang saja ke Desa Bi'ih, karena makan duriannya langsung dibawah pohonnya, dijamin buahnya manis, tebal dan legit,” kata M Fachry.

Disamping itu juga sekaligus dilaksanakan Gelar Buah Eksotik Banjar seperti Binjai, Kapul, Bundar, Gitaan, Ramania, dan lainnya yang merupapkan buah khas daerah Banjar dan diketahui saat ini sudah jarang ditemukan. Sehingga dengan event ini diharapkan dapat merangsang petani untuk melestarikan dan mengembangkannya, karena ini sebagai plasma nuftah daerah Banjar.

Selain itu kontes durian menurutnya juga untuk mengharapkan dukungan dari Kementrian Pertanian dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Kalsel untuk dapat membantu pengembangan usahatani durian di Kabupaten Banjar. Karena secara agroklimat durian sangat sesuai dikembangkan dan secara ekonomis menguntungkan, sekaligus sebagai kawasan wisata agribisnis.

Baca: Live RCTI! Live Streaming Manchester City vs Liverpool Liga Inggris Malam ini, Tonton Pakai Cara ini

Baca: Sosok Asli Irwan Mussry Dibocorkan Maia Estianty Saat Liburan Bareng Al El Dul, Bikin Jatuh Cinta

“Secara khusus Bupati Banjar sudah menyampaikan proposal ke Direktorat Jendral Hortikultura Kementan RI diterima oleh Direktur Buah dan Florikultura Pak Sarwo Edhy beserta jajarannya untuk minta dukungan dalam pengembangan usaha tani durian ini. Beliau menyambut gembira diadakan kontes ini dan akan hadir serta akan mendukung pengembangan usaha tani durian ini,” ujarnya.

Adapun memilih lokasi di obyek wisata Danau Tamiyang Kecamatan Karangintan adalah sekaligus lebih mengenalkan obyek wisata danau yang indah. Ada jembatan ditengahnya serta parkir luas dan jalan sudah aspal. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved