Cuaca Ekstrem di Laut Jawa

Tropical Storm Pabuk di Laut Cina Selatan Sebabkan Gelombang Laut Jawa Setinggi 3,5 Meter

Riza mengatakan prakiraan cuaca kelautan Kalimantan Selatan, peringatan dini waspada potensi gelombang tinggi mencapai 3,5 m bagi kapal nelayan

Tropical Storm Pabuk di Laut Cina Selatan Sebabkan Gelombang Laut Jawa Setinggi 3,5 Meter
instagram/banjarmasin post
Banjarmasin Post Edisi Kamis (3/1/2019) Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Syamsudin, Noor Riza Arian Noor, mengatakan peringatan dini gelombang tinggi masih berlaku hingga 5 Januari 2019.

“Saat ini terdapat tropical storm 'Pabuk' di Laut Cina Selatan dan pola tekanan rendah di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur,” ujarnya, Rabu (2/1/2018).

Riza juga mengatakan pola angin di utara Indonesia umumnya bergerak dari arah barat laut sampai timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 35 knot.

Sementara di wilayah Indonesia selatan umumnya angin bergerak dari arah barat daya ke barat laut dan kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi, kata Riza, terpantau di Laut Cina Selatan, perairan kepulauan Natuna hingga kepulauan Anambas, selat Sunda, perairan utara dan selatan pulau Jawa, Laut Jawa, perairan kepulauan Sermata, hingga kepulauan Tanimbar, perairan Yos Sudarso dan Laut Arafuru.

Baca: Cuaca Buruk, 500 Nelayan Pulau Sembilan Setop Melaut, Gadaikan Emas untuk Bertahan Hidup

Baca: Respons Maia Estianty Tentang Karma yang Sedang Bersama Irwan Mussry Al El Dul, Sindir Ahmad Dhani?

Baca: Selain Syahrini dan Reino Barack, Mbah Mijan Sebut Ini Tentang Irish Bella dan Ammar Zoni di 2019

“Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut,” ujarnya.

Riza mengatakan prakiraan cuaca kelautan Kalimantan Selatan, peringatan dini waspada potensi gelombang tinggi mencapai 3,5 m bagi kapal nelayan, tongkang dan rery di wilayah laut Jawa Timur berlaku pada Kamis 3 Januari sampai Jumat 4 Januari.

“Di Laut Jawa bagian barat gelombang mencapai 2 meter, sama seperti di laut Jawa bagian tengah, sementara di laut Jawa bagian timur sampai 3,5 meter, di perairan Kotabaru 1,25 meter,” ujarnya. (sah/kur)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved