Berita Banjar

Jadwal Pelaksanaan Puncak Haul Guru Sekumpul Ke-14, Ini Syarat dan Ketentuan dari Panitia

Jadwal Pelaksanaan Puncak Haul Guru Sekumpul Ke-14, Ini Syarat dan Ketentuan dari Panitia

Jadwal Pelaksanaan Puncak Haul Guru Sekumpul Ke-14, Ini Syarat dan Ketentuan dari Panitia
banjarmasin post group/ hasby suhaily
Suasana rapat persiapan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikenal Guru Sekumpul digelar di Aula Ar-Raudhah Kompleks Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar, Jumat (4/1) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jadwal pelaksanaan Haul KH Zaini Abdul Ghani Ke-14 dilaksanakan pada 9 Maret dan puncaknya 10 Maret 2019. Rapat persiapan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikenal Guru Sekumpul digelar di Aula Ar-Raudhah Kompleks Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar, Jumat (4/1/2019) malam.

Hadir Kapolsek Martapura Kota, Iptu Siswadi, Komandan Kodim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto, Camat Martapura Kota, Ahmad Rabani, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, HM Hilman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah serta para relawan atau perwakilan posko-posko Haul Guru Sekumpul.

Ketua Relawan Haul ke-14, H Abdurrahman menekankan, pada haul tahun ini sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa para relawan jangan memaksakan diri dan jangan ada meminta-minta mengatasnamakan Haul Guru Sekumpul.

Baca: Syahrini Ungkap Jodohnya Usai Santer Disebut Dekat dengan Mantan Luna Maya, Reino Barack?

Baca: Resmi Pacaran! Ammar Zoni dan Irish Bella Akhirnya Akui Punya Hubungan Spesial

Baca: Indra Sjafri Umumkan Susunan Tim Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Ternyata dari Barito Putera

Selanjutnya kalaupun ada dermawan yang ingin menyumbang kaos atau lainnya, maka jangan ada embel-embel dibelakangnya.

Menjadi perhatian pihaknya, mengingat pada 2019 ini merupakan tahun politik maka panitia akan bekoordinasi dengan pihak terkait bahwa kawasan Haul Ke-14 bebas dari Alat Peraga Kampanye (APK). Kawasan bebas dari APK di wilayah haul akan diberlakukan empat hari sebelum pelaksanaan haul digelar.

“Kalau bisa sama seperti haul di Sidoarjo, bebas dari alat peraga kampanye saat pelaksanaan haul digelar. Terkait ini nantinya akan bekoordinasi lebih lanjut dengan instansi terkait,” katanya.

Dia juga menekankan, tidak ada spanduk ucapan selamat datang di acara haul dari para caleg atau partai politik. Jangan sampai spanduk-spanduk bernuansa politis ada di tempat-tempat berlangsungnya haul, sehingga mengganggu jamaah.

Suasana Haul ke 13 Guru Sekumpul 2018
Suasana Haul ke 13 Guru Sekumpul 2018 (Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto)

Camat Martapura Kota, Ahmad Junaidi juga menekankan hal serupa. Mengingat tahun politik, pihaknya mengajak bersama-sama menjaga suasana haul bebas dari nuansa politik dan pihaknya pun akan mengordinasikannya dengan instansi terkait.

“Juga kami mintakan bagi pemilik guest house atau penginapan-penginapan, jangan memanfaatkan acara haul ini untuk mencari keuntungan semata. Kami juga akan mengupayakan menambah LCD-LCD untuk menjangkau jamaah,” tambahnya.

Baca: SBY Resmi Jadi Mentor Prabowo-Sandiaga Hadapi Jokowi-Maruf di Debat Pilpres 2019

Baca: Tingkah Aneh Ular Usai Sarangnya Dihancurkan Tsunami Banten (Tsunami Selat Sunda), Warga Digigit!

Imam musalla Ar-Raudhah, Guru Sa’duddin mengatakan, siapa yang datang silakan siapapun tidak ada larangan karena tidak menyebar undangan. Siapapun yang datang akan dilayani ditegaskannya, kawasan Ar Raudhah memiliki keprotokoleran khusus, tidak ada warna-warni yang ada putih.

Kordinator Lapangan, H Abdel menambahkan, data sementara ada 55 dapur umum dengan menyediakan total beras 5.180 belek. Relawan pada tahun lalu sebanyak 11 ribu dan pada tahun ini diprediksi ada kenaikan 10 persen, begitu juga posko dari tahun lalu ada 99 posko dan pada Haul ke-14 ini diprediksi ada kenaikan. (banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Royan Naimi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved