KalselPedia

KalselPedia: Kantor Gubernur Kalsel di Jalan Dharma Praja Banjarbaru Meniru Putera Jaya Malaysia

Perkantoran Sekretariat Daerah, atau disebut juga kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru berlokasi di Jalan Dharma Praja No1, Palam

KalselPedia: Kantor Gubernur Kalsel di Jalan Dharma Praja Banjarbaru Meniru Putera Jaya Malaysia
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Perkantoran Sekretariat Daerah, atau disebut juga kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru berlokasi di Jalan Dharma Praja No1, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perkantoran Sekretariat Daerah, atau disebut juga kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru berlokasi di Jalan Dharma Praja No1, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70732. Atau sekitar 15 kilometer dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

Dalam sejarahnya, Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah menata perkantoran pemerintahan dengan berpindah dari Kota Banjarmasin ke Banjarbaru. Alasanya Banjarmasin sudah terlalu padat dan memerlukan daerah pemekaran untuk perkantoran yang representatif. Tapi khusus untuk kantor Gubernur Kalsel masih berlokasi di Banjarmasin sesuai amanah UU.

Gagasan ide pemekaran perkantoran Pemerintahan Kalsel di Kota Banjarbaru tersebut, lahir dipemerintahan Gubernur Rudy Ariffin dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan yang menjabat dua priode Gubernur Kalsel 2005-2010 dan 2010-2015.

Pembangunan kawasan perkantoran pemprov Kalsel di Banjarbaru merupakan salah satu program yang dijanjikan oleh Gubernur Kalsel terdahulu pada saat dilaksakannya Pilkada Tahun 2005.

Baca: KaltengPedia : Masjid Agung Darussalam, Masjid Megah dengan Motif Khas Dayak di Kota Palangkaraya

Baca: KalselPedia : Obyek Wisata di Kabupaten Banjar, Kontes Durian dan Buah Eksotik di Desa Biih

Janji itu, mempersiapkan dan merealisasikan proses pemindahan ibukota Provinsi dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru secara bertahap, konsisten dan berkelanjutan.

Berdasarkan visi, misi dan janji Kepala Daerah Terpilih tersebut, kemudian dilegalisasi dalam penyusunan RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2006-2010 yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah No15 tahun 2006.

Perkantoran Sekretariat Daerah, atau disebut juga kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru berlokasi di Jalan Dharma Praja No1, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru
Perkantoran Sekretariat Daerah, atau disebut juga kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru berlokasi di Jalan Dharma Praja No1, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru (banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda)

Fakta-fakta:

Dipilihnya Kota Banjarbaru karena lebih refresentatif. Dengan luas sekitar 371,30 Km persegi, Kota Banjarbaru 5 kali lebih besar di bandingkan Kota Banjarmasin.

Selain itu, menurut sejarah pada tahun 1950-1953, Gubernur Dr. Murdjani membangun fasilitas perkantoran dan perumahan provinsi di Banjarbaru karena menanggap Kota Banjarmasin tidak layak sebagai ibukota.

Seiring berjalanya waktu, pihaknya mengalami kendala dalam memindah Ibukota Banjarmasin ke Banjarbaru. Sebab, berlawanan dengan Undang-undang.

Baca: KalselPedia : Obyek Wisata Danau Tamiyang di Desa Mandikapau, Karangintan Kabupaten Banjar

Baca: KalselPedia : Obyek Wisata Matangkaladan di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved