Barita Kotabaru

Pengendara Terpaksa Ekstra Hati-hati saat Melintas di Jalan Becek di Jalan Raya Stagen

Hampir setiap diguyur hujan deras di beberapa titik ruas jalan Raya Stagen, Kabupaten Kotabaru dikeluhkan pengendara

Pengendara Terpaksa Ekstra Hati-hati saat Melintas di Jalan Becek di Jalan Raya Stagen
Banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Pengendara roda dua berjalan pelan saat melintas di jalan becek dan licin oleh lumpur bekas kegiatan pengerukan tanah (galian C). Kondisi jalan licin masih terjadi hingga hari ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Hampir setiap diguyur hujan deras di beberapa titik ruas jalan Raya Stagen, Kabupaten Kotabaru dikeluhkan pengendara. Saat melintas mereka terpaksa memelankan laju kendaraan, terlebih roda dua khawatir ban slip dan terjatuh.

Seperti di kawasan Belangkas (Sungaiparing), Desa Sungaiparing di antaranya, jalan poros provinsi tersebut kondisinya licin akibat gerusan tanah terbawa air di area pascakegiatan galian C di sekitar kawasan itu.

Penyebab jalan licin karena lumpur disertai krikil yang terbawa air menutup seluruh badan jalan. Sementara belum ada upaya yang dilakukan pihak-pihak terkait.

"Beberapa hari lalu ada pengendara terjatuh karena ban slip saat ngerem. Kondisi jalan licin," kata Taupik salah seorang pengendara kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (4/1/2019).

Baca: Penampakan Foto Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga di Surat Suara Pilpres 2019, Konsepnya Mirip?

Baca: Sule Beberkan Profil Kekasihnya Pengganti Lina, Ayah Rizky Febian Ini Juga Siapkan Konsep Pernikahan

Baca: Nikita Mirzani Batalkan Keputusan Lepas Hijab? Posting Foto Berhijab, Curhat Soal Perjalanan Hidup

Agar tidak ada lagi korban, Taupik berharap ada tindakan pemerintah terkait untuk mengantisipasi pengendara yang terjatuh.

"Kalau disiram bisa saja. Ketika hujan yang terulang lagi, kecuali dibuatkan drainase di sisi bekas kegiatan galian C sehingga lumpur ke badan jalan," ucapnya.

Sementara pantauan banjarmasinpost.co.id, minimnya saluran drainse di ruas Raya Stagen membuat genangan air terjadi di beberapa titik pascahujan deras.

Kondisi itu terjadi hanya belasan meter dari titik badan jalan yang tertutup lumpur di area sekitar kegiatan galian C.

Rawan terjadi kecelakan. Selain pengendara dari arah Stagen kerap mengambil jalut kanan untuk mengindari genangan air di kiri jalan. Sedang di sisi jalan dari arah berlawanan terdapat sebuah lubang berukuran cukup besar.

Kondisi terzebut juga terdapat di kawasan belangkas, tepat di depan lahan kosong. Genangan air menggenangi hampir seperempat badan jalan di sebelah kiri menuju arah dalam kota.

Lagi-lagi rawan terjadi kecelakaan, karena setiap pengendara roda dua terpaksa harus mengambil jalan agak ke tengah untuk mengindari genangan.

Tidak jauh, sekitar lebih kurang satu kilometer menuju arah kota. Tepatnya di kawasan Km6, kondisi serupa terjadi. Di bagian kiri jalan air disertai lumput mengendap di badan jalan.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved