Berita Kotabaru

Personel Dites Urine Mendadak, Kasatpol PP Kotabaru Antisipasi Anggota Terlibat Persoalan Narkoba

Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kotabaru sontak dibuat kaget. Bahkan diantaranya tidak mengetahui

Personel Dites Urine Mendadak, Kasatpol PP Kotabaru Antisipasi Anggota Terlibat Persoalan Narkoba
Pol PP Kotabaru untuk Banjarmasinpost.co.id
Puluhan anggota Satpol PP saat mengikuti tes urine oleh petugas BNK Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kotabaru sontak dibuat kaget. Bahkan diantaranya tidak mengetahui, mendadak tiba-tiba beberapa petugas dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) menyambangi markas mereka, Jumat (4/1/2019) sekitar pukul 16.00 Wita.

Badan narkotika Kabupaten Kotabaru mayoritas beranggotakan dari anggota Polri dari Satuan Reserse dan Narkoba Polres Kotabaru, ini datang untuk melakukan pengambilan dan pengecekan sampel urine seluruh anggota Satpol PP.

Atas permintaan Kepala Satuan Pol PP, pemeriksaan sampel urine setidaknya dilakukan terhadap 79 orang personel. Berlangsung di markas Satpol PP di jalan Pangeran Diponegoro.

Baca: Tak Sembarang Hobi, Perwira Polda Ini Sempat Beraksi di PON Sedang AKBP Takdir Sekalian Blusukan

Diperoleh informasi, alhasil pengambilan dan pemeriksaan urine. Dari 79 orang yang diperiksa, dua diantaranya diduga terindakasi memakai narkoba. Berdasar hasil tes urine, kedua oknum tersebut dinyatakan positif.

Terkait hal itu, Kasat Pol PP Murdianto dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, tidak menepis saat disinggung dua oknum yang hasil urinenya positif diduga menggunakan narkoba.

Hanya Murdianto tidak menjelaskan rinci. Akan tetapi, ia menegaskan, bagi anggotanya yang terindikasi pemakai akan dilakukan pendalaman mengenai latar belakang terkait keterkaitannya soal narkoba.

Baca: KalselPedia: Fakta Meriam Benteng Tatas, dari Penemuan hingga Sampai di Masjid Sultan Suriansyah

"Lama pemakaian dan hal lain termasuk bagaimana cara mendapatkan narkoba," tegas Murdianto kepada banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkan dia, karena dari data tersebut pihaknya akan mengambil langkah strategis untuk memutus mata rantai, dengan anggota tidak melakukan kembali.

"Jadi pada dasarnya kegiatan ini untuk melakukan pembinaan. Kami memberikan kesempatan untuk memperbaiki dan supaya tidak mengulangi kembali," jelasnya.

Baca: Powan Cantik Brigpol DS Selingkuh dengan Napi yang Ternyata Perwira Polisi Gadungan

Selain itu pengecekan urine dilakukan secar berkala, diharapkan agar anggota Satpol PP terhindar dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Dengan melalui tes urine secara berkala, paling tidak bisa meminimalisir keinginan anggota untuk mencoba atau bahkan dapat menghentikan bagi yang sudah memakai.

"Jadi tes urine ini bisa sebagai pengendali bahkan bisa sebagai rem untuk tidak melakukan," pungkasnya.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved