Berita Kabupaten Banjar

Dinas PUPR Banjar Berharap Pengembalin Jalan Bekas Galian PDAM Tanggung Jawab Pelaksana

Tim PDAM melakukan monitoring pelaksanaan pemasangan pipa 500 milimeter dari IPA Pinus -Jalan Pondok 4 Banjarbaru.

banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Ilustrasi - Tanda ada galian pipa PDAM di tengah jalan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Seringkali pengembalian bekas galian PDAM di pinggir jalan raya menjadi keluhan warga. Tim Dinas PUPR Kabupaten Banjar bersama tim PDAM Intan Banjar meninjau lokasi pengembalian galian pipa PDAM, Rabu (9/1/2019) dari IPA Pinus- Jalan Pondok 4 Banjarbaru.

Kasubag Humas dan Hukum PDAM Intan Banjar, Untung Hartaniansyah mengatakan, Tim PDAM melakukan monitoring pelaksanaan pemasangan pipa 500 milimeter dari IPA Pinus -Jalan Pondok 4 Banjarbaru.

Hasil monitoring progres pemasangan pipa sudah mencapai kurang lebih 78 persen dan untuk pemadatan di Jalan Gotongroyong dengan cor beton sudah dilaksanakan.

“Sedangkan untuk jalan Jipok sampai ke arahan simpang empat perumahan seribu masih tahap pemadatan dan pembersihan tanah oleh pelaksana pekerjaan yakni PT Kartika Ekayasa,” kata Untung Hartaniansyah, Rabu (9/1).

Lebih lanjut dia mengatakan, target pemasangan pipa sampai maret 2019 dan pihaknya mengharapkan dengan kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang ini pekerjaan bisa berjalan lancar sesuai yang dijadwalkan.

Baca: Respons Ustadz Yusuf Mansur Usai Jokowi Jenguk Ustadz Arifin Ilham, Simak 5 Faktanya

Baca: Perhatian Ustadz Abdul Somad & Habib Rizieq untuk Ustadz Arifin Ilham, Sandiaga Uno Menjenguk

Baca: Sikap Presiden Jokowi Saat Menjenguk Ustadz Arifin Ilham, Lihat Juga Ketika Anies Baswedan Jenguk

Untuk pengembalian galian masih proses seperti di jalan Jipok sampai di simpang empat perumahan seribu belum selesai dan masih dilaksanakan pihak pelaksana dan menjadi tanggungan pelaksana.

“Kami berharap masyarakat berhati-hati saat dijalan yang terdampak pekerjaan pemasangan pipa. Mohon bersabar karena pekerjaan masih berjalan dan mohon doanya semoga pekerjaan berjalan lancar sesuai scedule yang direncanakan,” ucapnya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Banjar, M Solhan mengatakan, pihaknya hanya memantau saja sudah sampai sejauh mana pekerjaan pengembalian fisik jalan yang dilakukan penggalian. Pihaknya sekaligua bekoordinasi dengan PDAM mengenai target penyelesaiannya.

“Lokasi wilayah kami di ruas jalan Cindaialus sepanjag 600 meter dengan lebar galian variasi anatara 1,5 meter sampai dengan dua meter,” kata Solhan.

Pihaknya mengharapkan, dengan adanya kegiatan galian pemasangan pipa PDAM yang berada di ruas Jalan Kabupaten yakni Cindaialus, agar mengembalikan kondisi jalan seperti semula atau kondisi jalan sebelum digali agar Pemerintah Kabupaten Banjar tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pengguna jalan tersebut, terutama untuk memperlancar arus perekonomian masyarakat.

Baca: Perasaan Gisella Anastasia Jalani Sidang Cerai dengan Gading Marten, Ngaku Sedih Malah Tertawa

Baca: Berikut Jumlah Serta Penyebab Kematian Personel Polda Kalsel, Ternyata Akibat Penyakit Mematikan Ini

Baca: Alfatih Mendadak Terserang Diare, Pemulangan ke Kantor Perwakilan Banjar di Jakarta Tertunda

Pengguna jalan di Cindaialus, Mahyudin mengatakan, sudah bukan rahasia umum lagi atau sudah menjadi kebiasaan begitu jalan mulus kemudian ada galian PDAM maka pengembaliannya tidak kembali mulus. Bahkan bisa membahayakan pengguna jalan karena bekas tanah urukan tidak rata.

“Harusnya PDAM belajar atau bekoordinasi dengan dinas terkait sebelum menggali memasang pipa atau sejenisnya, karena kondisi ini sudah sering terjadi. Khan bisa disinkronkan waktu penggalian pemasangan pipa misalkan sebelum proyek pemeliharaan jalan dilaksanakan,” katanya.

Dia pun mengharapkan, kedepan dari masing-masing instansi terkait menyangkut jalan bisa bekoordinasi lebih baik. Agar jangan sampai sama-sama memiliki tujuan meningkatkan pelayanan, ternyata di lapangan justru merugikan masyarakat bahkan bisa membayakan. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved