KalselPedia

KalselPedia - Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin, dari Pengolahan Hingga Pemasaran Ikan

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya adalah tempat berlabuh kapal-kapal ikan dari berbagai daerah. Pelabuhan ini juga berfungsi pendukung kegiatan

KalselPedia - Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin, dari Pengolahan Hingga Pemasaran Ikan
banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie
Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini berlokasi di Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat Kalimantan Selatan terlihat rame saat malam hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelabuhan Perikanan Banjar Raya adalah tempat berlabuh kapal-kapal ikan dari berbagai daerah. Pelabuhan ini juga berfungsi pendukung kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya.

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya tempat dimulainya dari pra produksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran ikan dari penjuru Kalimantan Selatan yang tersedia di lokasi ini.

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini berlokasi di Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat Kalimantan Selatan, dan Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini akan terlihat ramai pada malam hari.

Berbagai hasil tangkapan ikan laut diperjual belikan di lokasi tersebut. Tidak terkecuali harganya relatif murah, sehingga menjadi pilihan penjual untuk membeli sebelum menjualnya kembali ke pasar tradisional.

Hal itu sesuai dengan tujuan Pelabuhan Ikan Banjar Raya yang diharapkan memberikan stimulasi tumbuhnya perekonomian lokal yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitarnya.

Baca: Kalselpedia : Daftar Wisata Kuliner Hits di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan

Baca: Kalselpedia : Pesona Bahalap, Wisata dan Ikon Kabupaten Batola di Provinsi Kalimantan Selatan

Baca: Kalselpedia: Daftar dan Lokasi Pusat Oleh-oleh di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini berlokasi di Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat Kalimantan Selatan
Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini berlokasi di Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat Kalimantan Selatan (banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie)

Keberadaan Pelabuhan Perikanan Banjar Raya juga dituntut mampu mendorong kegiatan ekonomi lainnya. Sehingga dapat menjadi kawasan pengembangan industri perikanan.

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya sebelumnya dibangun pada 1975, dan merupakan salah satu pelabuhan perikanan tertua di Kalimantan.

Dengan lokasi sangat strategis, selama ini Pelabuhan Banjar Raya sebagai pusat produksi dan distribusi hasil perikanan tangkap yang dapat diakses dari berbagai wilayah Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi.

Kalimantan Selatan sendiri memiliki luas perairan laut 127.536 hektare, dengan potensi produksi penangkapan perairan laut 180.000 Ton dan memiliki banyak fishing ground potensial yang menjadi sasaran penangkapan.

Baca: Kalselpedia : Jembatan Barito Penghubung Provinsi Kalsel & Kalteng, Jembatan Terpanjang di Borneo

Baca: Kalselpedia : Taman Budaya Provinsi Kalsel dan Daftar 11 Bangunan yang Isyaratkan Budaya Banjar

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya juga merupakan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan.

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya atau Banjarmasin memiliki misi yang sistematis, terarah dan berkesinambungan dalam mendukung tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan Pelabuhan Perikanan Banjarmasin.

Tugas Pelabuhan Perikanan Banjar Raya selain melaksanakan pengelolaan dan pengembangan pelabuhan pelabuhan perikanan, juga melakukan pengawasan penangkapan ikan dan pelayanan teknis kapal perikanan.

Dalam pertahun jumlah rata-rata kunjungan kapal sekitar belasan juta, seperti terjadi pada 2014 lalu yang mencapai 12.664.751 kali.

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini juga memiliki sarana dan prasarana berupa tempat pemasaran ikan, pabrik es, kantor syahbandar perikanan, balai pertemuan nelayan, dan lain sebagainya. (Banjarmasinpost.co.id/gha)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved