Berita Tanahbumbu

29 Pegawai Pemkab Tanahbumbu Urinenya Positif, Sekda: Mereka Akan Menjalani Tes 2 Tahap Lagi

Tim yang ditunjuk untuk mengambil sampel urine pegawai adalah Dinas Kesehatan. Selama beberapa hari itu, hasil tes yang ada pun cukup mencengangkan.

29 Pegawai Pemkab Tanahbumbu Urinenya Positif, Sekda: Mereka Akan Menjalani Tes 2 Tahap Lagi
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Ilustrasi - Pengambilan tes urine kepada seluruh petugas Rutan Klas IIB Pelaihari, usai penandatanganan nota kesepahaman BNNK Tanahlaut dan Rutan Klas IIB Pelaihari 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Beberapa hari terakhir, jajaran Pemkab Tanahbumbu melaksanakan tes urine untuk mengetahui apakah pegawai terdeteksi menggunakan obat-obatan atau narkotika.

Tim yang ditunjuk untuk mengambil sampel urine pegawai adalah Dinas Kesehatan. Selama beberapa hari itu, hasil tes yang ada pun cukup mencengangkan.

Pasalnya ada sejumlah pegawai yang mengikuti tes urine, ada sejumlah nama yang dinyatakan positif. Sehingga mereka yang dinyatakan positif harus kembali mengikuti tes urine.

Kepala Dinas Kesehatan Tanahbumbu, HM Damrah, Selasa (15/1/2019), saat dihubungi mengatakan sejumlah dinas sudah dilakukan tes urinenya. Disinggung soal ada yang positif, H Damrah tidak berani menjawab.

"Kalau soal itu, lebih baik ke Sekda langsung. Karena semua datanya sudah diserahkan," katanya.

Baca: Operasi Pengecilan Lambung Wanita Tergemuk di Kalteng Titi Wati Sukses, Ini Kata Tim Dokter

Baca: Persiapan Pernikahan Islami Menurut Ustadz Abdul Somad Saat Ramainya Syahrini Reino, Sule Naomi

Baca: Satnarkoba Polresta Banjarmasin Bekuk Warga Kebun Sayur Simpan 7 Paket Sabu dan 125 Butir Ekstasi

Terkait adanya imformasi itu, dia juga tidak membantah. Namun, dia mengatakan yang positif tidak mesti ada kandungan narkobanya namun ada sebagian obat mengandung bila dites bisa positif. Sebab itu, urinenya positif belum tentu positif narkoba.

Terpisah, Sekretaris Daerah Tanahabumbu H Rooswandi Salem, saat dikonfirmasi mengatakan memang ada sejumlah pegawai yang urinenya positif saat tes urine.

"Iya memang benar informasi itu, jumlahnya ada sebanyak 29 pegawai yang positif saat tes urine," katanya.

Meski positif, dia mengatakan belum tentu karena narkoba. Namun karena usai mengonsumsi obat kesehatan yang bisa terbaca di alat tes tersebut sehingga perlu diuji lagi ke tahap selanjutnya.

"Dari pengakuan mereka sih banyak, ada yang mengatakan usai minum obat dan yang lainnya. Jadi macam-macam pengakuannya, makanya akan dites lagi untuk memastikan itu," katanya.

Rooswandi juga menjelaskan, untuk memastikan itu, mereka yang dinyatakan positif akan kembali dites sebanyak dua tahapan. Setelah itu, akan di assisment untuk mengetahui hasilnya.

"Bila nantinya memang positif narkoba, langkah selanjutnya akan kami bina namun tetap menunggu keputusan pimpinan untuk kelanjutan tindakam terhafap pegawai yang bersangkutan," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved