Berita Kabupaten Banjar

Dinkes Banjar Akhirnya Fogging Sungaitabuk, Warga Tiap Jumat Bersihkan Parit dan Pungut Sampah

Pascapengasapan tersebut hingga kini, sebut Zulkarnain, tidak ada lagi warganya yang terserang demam berdarah dengue (DBD).

Dinkes Banjar Akhirnya Fogging Sungaitabuk, Warga Tiap Jumat Bersihkan Parit dan Pungut Sampah
Ikwansyah untuk banjarmasinpost.co.id
Pengasapan (fogging) di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar oleh petugas dari Dinas Kesehatan Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Warga Desa Sungaitabuk dan sekitarnya di Kecamatan Sungaitabuk akhirnya bernapas lega. Ini menyusul kegiatan pengasapan atau fogging yang dilakukan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar.

"Alhamdulillah beberapa hari yang lalu desa kami telah di-fogging. Warga di sini pun senang karena memang sebelumnya telah lama menantikan kegiatan pengasapan tersebut," ucap Kepala Desa Sungaitabuk, Zulkarnain, Selasa (15/01/2019).

Pascapengasapan tersebut hingga kini, sebut Zulkarnain, tidak ada lagi warganya yang terserang demam berdarah dengue (DBD). Meski begitu kewaspadaan tetap terus dilakukan. Di antaranya membiasakan mengecek tempat-tempat penampungan air bersih seperti bak mandi, pot bunga maupun botol atau kaleng bekas.

Penaburan bubuk abate juga dilakukan secara berkala, terutama di tempat-tempat penampungan air guna memastikan tidak ada jentik nyamuk aedes aegypti. "Pihak puskesmas Sungaitabuk juga selalu siap memberikan bubuk abate ketika sewaktu-waktu warga di sini memerlukan," tandas Zulkarnain.

Baca: Reaksi Tak Disangka Ibunda Naomi Zaskia Kala Perkenalan dengan Ayah Rizky Febian, Sule

Baca: Reaksi Luna Maya Saat Chika Jessica Akui Perasaan pada Ariel NOAH, Melaney Ricardo Bersikap

Baca: Jaksa Kembali Akan Panggil Kadisdagsar, Diminta Keterangan Untuk BAP Kasus Pasar Tegalrejo

Ia mengatakan tahun ini serangan DBD cukup merisaukan warganya, karena jumlah penderitanya melonjak. Setidaknya kurun waktu beberapa bulan pada 2018 lalu tercatat 15 orang warganya yang terkena penyakit yang penularannya melalui gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut.

"Saat ini semuanya sudah pulang ke rumah masing-masing, sudah pulih. Sebagian besar yang terserang DBD justru dewasa. Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama beberapa hari kondisi membaik dan bisa pulang," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan guna mencegah serangan DBD, pihaknya saat ini menggencarkan imbauan kepada seluruh warga untuk membiasakan melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Pihak aparatur desa juga memberikan aksi konkret yakni melaksanakan kegkatan bersih-bersih tiap Jumat.

"Kegiatan itu kami mulai sejak pukul 08.00 Wita hingga sekitar pukul 10.00 Wita. Saya juga lagsung ikut turun ke lapangan melaksanakan kebersihan lingkungan seperti membersihkan parit-parit serta memungut sampah," sebut Zulkarnain.

Warga Desa Lokbuntar (Kecamatan Sungaitabuk), Jubir, menuturkan beberapa hari yang lalu di kampungnya juga telah di-fogging oleh petugas kesehatan. Hal itu juga melegakan warga karena sebelumnya juga sangat mengharapkan kegiatan pengasapan tersebut. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinkes Banjar," tandasnya.

Baca: Persiapan Pernikahan Islami Menurut Ustadz Abdul Somad Saat Ramainya Syahrini Reino, Sule Naomi

Baca: Sindiran Ayu Ting Ting pada Ivan Gunawan yang Plin Plan dalam Hal Cinta, Ruben Onsu Beraksi

Baca: 3 Pesan Baru Ustadz Arifin Ilham yang Dirawat di Malaysia, Ayah Alvin Faiz Banjir Doa

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikwansyah mengatakan hingga berganti tahun (2019), serangan DBD masih menjadi atensi khusus instasinya. Sosialisasi PSN hingga kegiatan pemberantasan sarang nyamuk melalui pengasapan dan pendistribusian bubuk abate terus dilakukan.

FOGGING - Petugas Dinas Kesehatan Banjar saat melakukan pengasapan (fogging) di permukiman warga, beberapa hari yang lalu
FOGGING - Petugas Dinas Kesehatan Banjar saat melakukan pengasapan (fogging) di permukiman warga, beberapa hari yang lalu (ikwansyah untuk banjarmasinpost.co.id)
Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved