Berita Banjarbaru

Kadishut Kalsel Hanif Faisol Nurofiq Targetkan 50 Destinasi Ekowisata Baru 2019

Termasuk yang berkaitan dengan Dinas Kehutanan Kalsel. Melalui wisata alamnya. Nah, Di 2019 akan lebih mengembangkan kawasan ekowisata.

Kadishut Kalsel Hanif Faisol Nurofiq Targetkan 50 Destinasi Ekowisata Baru 2019
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Pesona Banjar Festival yang digelar 2015 di Desa Lok Baintan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sektor Ekonomi Wisata terus akan ditingkatkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Termasuk yang berkaitan dengan Dinas Kehutanan Kalsel. Melalui wisata alamnya.  Nah, Di 2019 akan lebih mengembangkan kawasan ekowisata.

Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq mengungkapkan, pada tahun 2019, selain lebih meningkatkan program Gerakan Revolusi Hijau dan perhutanan sosial, pihaknya juga mendorong pengembangan kawasan ekowisata. Karena bidang ekowisata itu menjadi keunggulan dan potensi Kalsel.

"Ekowisata ini harus ditingkatkan. Pada saat kita di luar negeri (di Finlandia, red) ketika paparan ternyata kita ketinggalan dengan negara Eropa. Hanya satu yang kita menang (unggul,red) yaitu ekowisata. Inilah peluang yang akan kita bangkitkan di 2019," kata Hanif diwawancarai usai acara pisah sambut Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, di aula Bapelkes, Selasa (15/1/2019).

Baca: Geopark Meratus Akan Dibuatkan Izin Lingkungan dan Pembentukan Badan Pengelola, Ini Tujuannya

Baca: Respons Orangtua Giorgino Abraham Usai Ammar Zoni Lamar Irish Bella Hingga Dijodohkan dengan Ranty

Baca: Reaksi Tak Disangka Ibunda Naomi Zaskia Kala Perkenalan dengan Ayah Rizky Febian, Sule

Baca: Dian Sastro Singgung Gading Marten & Gisella Anastasia Besanan dengan Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Mantan Kadishut Tanbu itu, menargetkan ada 50 destinasi baru bidang ekowisata di Kalsel. Karena memang tempat-tempat potensial menjadi ekowisata secara eksisting sudah ada.

Pemerintah tinggal melakukan pembenahan misalnya membuat desain tapak dan membuatkan infrastruktur.

Adanya kawasan ekowisata itu diyakini akan menumbuhkan perekonomian masyatakat sekitar.

"Dan ini sudah mendapat tanggapan serius dari ibu Dubes Finlandia. Nanti pada 8 Maret akan berkunjung ke Indonesia bersama rombongan operator tur dan beberapa komunitas sosial dari Finlandia dan Estonia untuk bersama-sama menikmati ekowisata di Kalsel selama 5 hari," urainya.

Para tamu asing itu akan dibawa ke Pasar Terapung di Lok Baintan, Kabupaten Banjar, kawasan konservasi bekantan di Pulau Bakut, Mandiangin, Pasar Pertama di Martapura Kabupaten Banjar dan Lembah Kahung untuk melihat pohon-pohon besar.

Agenda lainnya adalah ke waduk-waduk dan Loksado Kabupaten HSS. "Mereka akan menyaksikan upacara adat babalian, berwisata bamboo rafting, ke kampung Dayak dan air terjun Haratai," jelasnya.

Selama ini, imbuh Hanif, Kementerian Luar Negeri selalu mengagendakan perjalanan untuk tamu dari luar negeri ke 2 tujuan yaknu Bali dan Jogyakarta. Untuk tahun 2018 khususnya Maret, maka pemerintah mengarahkan ke Kalsel.

Pemprov juga bekerjasama dengan stasiun televisi di Estonia yang diyakini memiliki cakupan di Eropa yaitu Talina TV. Pihak televisi asing itu akan menyiarkan kawasan wisata yang dikunjungi delegasi dari luar negeri itu.

Baca: Reaksi Luna Maya Saat Chika Jessica Akui Perasaan pada Ariel NOAH, Melaney Ricardo Bersikap

Baca: Curahan Hati Gisella Anastasia Lewat Lagu Perjalanan Berharga, Tentang Perceraian dan Gading Marten?

Baca: Tak Jadi Dilelang 2018, Mobil Dinas di Pemkab Banjar Kian Kusam, Diupayakan Terlaksana Sebelum Maret

Baca: 29 ASN Pemkab Tanahbumu Urinenya Positif, Sekda: Mereka Akan Menjalani Tes 2 Tahap Lagi

Pada kesempatan itu, Hanif menghadiri acara pisah sambut sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel. Pejabat lama, Ramadhin menjadi Kepala Biro Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa Setdaprov Kalsel.

Posisi sekretaris dinas kehutanan provinsi kini diisi Warsita yang sebelumnya merupakan Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayutangi.

"Kita hari ini mengantar tugas bagi DR Ramadhin yang diberikan amanah oleh Bapak gubernur untuk mengelola biro perlengkapan. Kami berbahagia salah satu forrester kami bisa berkiprah ke tempat lain yang mungkin lebih luas," kata kadishut. (banjarmasinpost.co.id/lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved