KalselPedia

KalselPedia : Museum Wasaka, Rumah Saudagar Kaya yang Jadi Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan

KalselPedia : Museum Wasaka, Rumah Saudagar Kaya yang Jadi Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan

KalselPedia : Museum Wasaka, Rumah Saudagar Kaya yang Jadi Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan
banjarmasin post group/ yayu fathilal
Salah satu spot di Museum Wasaka Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KalselPedia : Museum Wasaka, Dulu Rumah Saudagar Kaya, Sekarang Jadi Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan

Museum Wasaka adalah museum perjuangan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang maknanya besi sampai keujung, yang merupakan semboyan Pahlawan Nasional Divisi ALRI Kalimantan Selatan, Hasan Basri dengan kalimat Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing, artinya berjuang sampai titik darah penghabisan.

Museum Wasaka adalah bangunan cagar budaya dengan arsitektur khas Banjar berupa rumah bubungan tinggi. Dulunya jenis rumah ini hanya difungsikan sebagai istana raja-raja Banjar atau tempat tinggal golongan bangsawan Kerajaan Banjar.

Museum Wasaka berlokasi di tepian sungai Martapura di jalan Museum Perjuangan, Komplek Haji Andir, Kampung Kenanga Ulu, RT 14 Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dibangun di areal seluas 2.175 meter persegi dengan luas bangunan 214 M persegi.

Keberadaan museum ini atas prakarsa Gubernur kepala daerah tingkat 1 Provinsi Kalimantan Selatan Ir H M Said dan diresmikan pada tanggal 10 November 1991 pada peringatan Hari Pahlawan.

Suasana di dalam Museum Wasaka
Suasana di dalam Museum Wasaka (banjarmasin post group/ isti rohayanti)

Berdasarkan jenis koleksinya museum ini merupakan museum khusus. Yang mana koleksinya lebih khusus kan pada benda-benda peninggalan para pejuang atau pahlawan daerah Kalimantan Selatan untuk menghadapi pemerintah kolonial Belanda di masa revolusi fisik tahun 1945-1949 dalam rangka perjuangan menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kalimantan Selatan.

Secara umum koleksinya terdiri dari peta pertempuran, senjata tradisional, pakaian perjuangan dan perlengkapan penunjang.

Senjata modern, bengkel senjata, perlengkapan markas benda-benda yang berhubungan dengan pertempuran, perlengkapan dapur umum pejuang, dokumen perjuangan serta koleksi penunjang lainnya.

Halaman
1234
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved